Momen Akrab Jokowi, SBY dan Prabowo di Parade Senja

Momen akrab Jokowi, SBY dan Prabowo
Momen akrab Jokowi, SBY dan Prabowo | Dok. Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tertangkap kamera tengah berbincang penuh tawa di sela Parade Senja dalam rangka HUT ke-78 TNI di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta Pusat, Senin, 9/10/2023.

Juru Bicara (Jubir) Prabowo, Dahnil Anzar, menjelaskan bahwa ketiga tokoh tersebut berbincang setelah penurunan bendera Merah Putih dalam rangkaian Parade Senja.

Bacaan Lainnya

Menurut Dahnil, saat itu Jokowi hendak berpamitan kepada Prabowo dan SBY yang masih mengikuti rangkaian kegiatan.

“Itu ngobrol-ngobrol setelah upacara parade senja penurunan bendera Merah Putih, sebelum pamitan Pak Presiden Jokowi ngobrol dan bercengkrama dengan Menhan dan Presiden ke-6, Pak SBY,” kata Dahnil kepada wartawan, Selasa, 10/10.

Dahnil melihat, momen keakraban mereka menunjukkan nuansa yang sejuk dan kompak. Dia berharap para pemimpin bangsa terus menunjukkan keakraban dalam membawa Indonesia menjadi lebih baik.

“Sejuk dan kompak,” kata Dahnil.

“Kita berharap pemimpin bangsa bisa begitu terus sehingga Indonesia lebih baik,” tambahnya.

Kegiatan Parade Surya Senja tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh, seperti Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, dan Jenderal TNI (Purn) Wiranto.

Ketua Panitia Acara Parade Senja dan Gala Dinner HUT TNI ke-78 Tahun 2023 Brigjen TNI Ariyo Windutomo menjelaskan, Parade Senja digelar untuk mengingatkan jasa para pahlawan, khususnya prajurit TNI yang berjuang dalam kemerdekaan dan juga dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, upacara juga digelar untuk mewariskan nilai-nilai lintas generasi.

“Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih dengan rasa bangga kepada Bapak Presiden RI karena telah menyempatkan diri hadir di sini, di mana kehadiran Bapak Presiden di sini melegitimasi pewarisan nilai-nilai lintas generasi. Seperti kita ketahui yang hadir di sini mulai dari para purnawirawan sampai dengan prajurit aktif,” ujarnya.*