Kemlu RI Imbau WNI Segera Tinggalkan Palestina dan Israel

Gedung Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI
Gedung Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI | Sekretariat Kabinet

FORUM KEADILAN – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengimbau WNI yang ada di wilayah Palestina dan Israel untuk segera meninggalkan wilayah tersebut.

Hal ini terkait dengan situasi keamanan beberapa hari terakhir.

Bacaan Lainnya

“Menimbang situasi keamanan terakhir dan demi keselamatan para WNI, pemerintah RI mengimbau agar WNI yang berada di wilayah Palestina maupun Israel segera meninggalkan wilayah tersebut,” demikian keterangan Kemlu RI pada Selasa, 10/10/2023.

Kemlu juga mengimbau WNI yang sudah memiliki rencana perjalanan ke wilayah Palestina dan Israel untuk membatalkannya.

“Bagi yang sudah merencanakan perjalanan ke kedua wilayah itu untuk membatalkan rencananya, hingga ada pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah,” lanjut keterangan itu.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha menyebut ada 10 WNI yang tinggal di Gaza. Tidak hanya itu, 35 orang lainnya tinggal di Tepi Barat.

Sementara itu saat serangan Hamas ke Israel pada Sabtu, 7/10 lalu, diketahui ada 230 WNI yang tengah melakukan wisata religi di Israel.

Kemlu juga telah menyiapkan rencana kontingensi bagi WNI yang tinggal di Palestina.

“Untuk memonitor situasi di Palestina dan menyiapkan rencana kontingensi. Evakuasi menjadi salah satu bagian dari rencana kontingensi tersebut,” ujar Judha.

Judha juga menerangkan hingga kini, belum ada WNI yang menjadi korban perang Israel-Palestina.*