Prabowo Ungkap Alasan Ganti Nama Koalisi Jadi Indonesia Maju

Bakal calon presiden (capres) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam deklarasi Partai Gelora | YouTube Gerindra TV
Bakal calon presiden (capres) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam deklarasi Partai Gelora | YouTube Gerindra TV

FORUM KEADILAN – Bakal calon presiden (capres) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkap alasan koalisinya diberi nama Koalisi Indonesia Maju (KIM), sebelumnya bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Untuk diketahui, Indonesia Maju merupakan nama kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Bacaan Lainnya

“Jadi koalisi kita ya di ujungnya oke nama, nama masih bisa kita atur-atur kan, whats in a name kan, benar kan tapi, logika saya itu nama yang baik, karena kita berada di jajaran timnya, yang dipimpin selama ini oleh Pak Joko Widodo, kita percaya beliau meletakkan dasar-dasar yang baik untuk ekonomi ke depan,” kata Prabowo dalam gelaran deklarasi Partai Gelora di The Djakarta Theater, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 2/9/2023.

Prabowo menyebut dirinya selalu melihat arah pemikiran dan kebijakan yang digagas Jokowi semenjak masuk dalam kabinet Indonesia Maju. Prabowo meyakini apa yang dilakukan Jokowi untuk kepentingan rakyat Indonesia.

“Sejak saya menjadi menteri dalam kabinet beliau, saya hadir setiap kabinet saya diskusi, saya melihat arah pemikiran beliau, arah kebijakan beliau, saya yakin itu adalah semua didasarkan atas komitmen beliau untuk Tanah Air, nasionalisme beliau, cinta Tanah Air beliau, keberpihakan beliau pada orang miskin, orang kecil, jadi saya dengan dasar itu, ya saya merasa, terserah dulu mungkin kita rival, tapi sekarang kita harus kerja sama demi kepentingan rakyat kita,” katanya.

Nama koalisi diketahui berubah setelah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar bergabung mengusung Prabowo capres 2024. Nama koalisi baru itu diumumkan langsung oleh Prabowo di acara HUT ke-25 PAN di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 28/8.

Prabowo, dalam pidatonya awalnya memuji pemerintahan Jokowi. Prabowo siap melanjutkan hal yang dibangun pemerintahan Jokowi saat ini.

Setelah itu, Prabowo mengumumkan nama koalisi menjadi Indonesia Maju. Prabowo menyebut nama tersebut sudah dirembukkan.

Respons Jokowi

Jokowi pun merespons nama koalisi tersebut yang sama dengan nama kabinetnya.

“Ya terserah yang memiliki koalisi. Terserah partai lah,” kata Jokowi di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten pada Kamis, 31/8.

Jokowi tak masalah koalisi Prabowo dinamakan Koalisi Indonesia Maju. Ia berpendapat Prabowo tak perlu izin menggunakan nama kabinetnya.

“Kenapa harus izin?” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, semua pihak boleh menggunakan nama Indonesia Maju. Dia mengatakan tidak ada hak eksklusif atau paten terhadap nama tersebut.

“Semua boleh. Orang kamu mau gunakan TV-mu TV Indonesia Maju juga boleh. Nggak ada patennya kok,” kata dia.*