AFF U-23 : Kekompakan Tim Menjadi Kunci Kemenangan Garuda Muda Atas Thailand

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong | (Photo by Bola.net)

FORUM KEADILANPelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan rahasia Garuda Muda dapat membungkam Thailand dalam semifinal Piala AFF U-23 2023, di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023).

Diketahui sebelumnya, Indonesia berhasil menang 3-1 atas tuan rumah Thailand dalam laga tersebut. Gol-gol kemenangan Indonesia dipersembahkan oleh Jeam Kelly Sroyer, Muhammad Ferarri dan bunuh diri pemain Thailand, Natcha Promsomb0on.

Bacaan Lainnya

Secara garis besar, Indonesia akhirnya berani menampilkan permainan yang berbeda dari dua laga sebelumnya. Kali ini, Arkhan Fikri cs bermain dengan penuh determinasi tinggi dan berani tampil menyerang.

Shin Tae-yong mengaku, kunci dari perubahan tersebut adalah pada kekompakan tim yang dibangun selama turnamen.

“Sebenarnya kami tidak punya waktu berlatih saat tiba di Thailand,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca laga.

Dan juga, kita tak punya waktu untuk TC. Sepak bola yang paling penting adalah kepaduan tim dan organisasi.”

“Jadi setiap match kita terus bermain dan bermain sehingga kita mendapatkan kerjasama yang baik. Mungkin itu alasan mengapa kita tampil dengan performa baik saat ini dibanding di fase grup,” tambahnya.

Pelatih yang akrab disapa Coach Shin ini juga turut memuji usaha keras para pemainnya. Apalagi setelah kini hanya 19 pemain yang tersisa di skuad Timnas Indonesia U-23.

 

Terbaru, bek kanan Bagas Kaffa jadi pemain yang dikonfirmasi cedera sesaat sebelum pertandingan lawan Thailand.

Saat ditanya mengenai kondisi cedera Bagas Kaffa, Shin Tae-yong memprediksi ia tidak akan bisa untuk turun bermain lagi pada Piala AFF U-23 kali ini.

“Saya tak yakin kapan dia bisa sembuh, tapi menurut perkiraan saya, dia mungkin tidak bisa bermain lagi di turnamen ini,” tambahnya.

“Kami saat ini hanya memiliki beberapa pemain yang tersedia, 16 pemain (outfield player dan 3 kiper). Jadi saya sangat mengapresiasi kerja keras seluruh pemain,” tutup Shin.

Esok, Sabtu (26/8), Timnas Indonesia U-23 akan menantang Timnas Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 yang dilaksanakan di Rayong Provincial Stadium mulai pukul 20.00 WIB.

Laga ini akan dimulai persis setelah laga perebutan juara ketiga yang akan mempertemukan Timnas Thailand U-23 melawan Timnas Malaysia U-23 di venue yang sama.