HUT Ke-78 RI, Warga Bekasi Gelar Lomba Pukul Beduk

Antusiasme warga Bekasi menyaksikan lomba pukul beduk, Kamis, 17/8/2023 | Novia Suhari/Forum Keadilan
Antusiasme warga Bekasi menyaksikan lomba pukul beduk, Kamis, 17/8/2023 | Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Warga Desa Kertamukti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, menggelar berbagai lomba untuk merayakan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI). Salah satunya lomba bertema keagamaan, yaitu lomba pukul beduk.

Lomba pukul beduk ini dipimpin oleh seseorang yang bertugas memukul beduk, dan diikuti oleh sekelompok anak muda yang ber- sholawat.

Bacaan Lainnya

Penentuan menang dalam lomba beduk dilihat dari kekompakan pemukul beduk dan kelompok paduan suaranya.

Beduk-Beduk itu sendiri didatangkan dari masjid di RT masing-masing. Beduk diangkut menggunakan mobil bak terbuka dan diangkat ke atas panggung.

Lomba yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut mengundang antusiasme warga sekitar untuk datang dan memenuhi lapangan Desa Kertamukti.

Cuaca panas karena sinar terik matahari pun tidak menurunkan semangat kemerdekaan. Warga terus berdatangan untuk menyaksikan lomba.

Menurut salah satu warga yang datang, Azis Sunandar, alasannya datang ke lapangan Desa Kertamukti karena momen kemeriahan kemerdekaan RI hanya bisa disaksikan satu kali dalam setahun.

“Ya ke sini cuma pengen liat. Lagian kan liat-liat yang begini (lomba) 17-an cuma bisa sesekali saja. Seru-seruan bareng sama warga kampung,” katanya kepada Forum Keadilan, Kamis, 17/8/2023.

Tidak hanya lomba yang sedang berlangsung, panitia juga mengadakan acara serah terima piala bagi pemenang beberapa lomba olahraga, seperti sepak bola, voly hingga bulutangkis.

Rencananya kegiatan lomba tersebut digelar hingga menjelang malam nanti dan ditutup dengan pertunjukan layar tancap.*

Laporan Novia Suhari