Imbas Koalisi 4 Partai Usung Prabowo, Megawati Perintahkan Perkuat Akar Rumput

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri

FORUM KEADILAN – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, telah memerintahkan para kadernya untuk memperkuat dukungan kepada bakal calon presiden (bacapres) dari partainya, Ganjar Pranowo, di akar rumput.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada Selasa, 15/8/2023.

Bacaan Lainnya

Perintah Megawati itu menyusul PAN dan Golkar yang memutuskan bergabung dengan PKB dan Gerindra untuk mengusung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

“’Ibu (Megawati) bertanya kepada saya, ‘kamu lihat acaranya tidak?’. ‘Saya lihat Ibu. Apakah arahan Ibu dalam menyikapi kerja sama partai politik?’,” ujar Hasto.

Megawati pun menjawab bahwa para kader harus turun bersama ke bawah bersama rakyat dan perkuat akar rumput.

Hal ini lantaran bagi PDIP, politik itu bukan high politics, tetapi berada di akar rumput.

Ia lantas meyakini bahwa partainya tidak akan kesulitan melakukan itu. Sebab, PDI-P memiliki kultur “wong cilik”.

Dari hasil turun langsung ke lapangan itu, menurut Hasto, partai akan mendapati berbagai masalah riil yang dialami warga sehari-hari dan dapat membantu mereka menemukan solusinya.

“Karena itu, ini akan menjadi kegiatan yang terus dilakukan oleh PDIP bersama rakyat,” kata Hasto.

Sebelumnya, PAN, Golkar, Gerindra dan PKB melakukan deklarasi dukungan untuk Prabowo sekaligus penandatanganan kerja sama politik di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Minggu, 13/8/2023.

Koalisi ini mengantongi lebih dari 40 persen kursi DPR dan suara sah Pemilu 2019, jauh lebih tinggi dibandingkan kerja sama politik bentukan PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres.

Di tingkat parlemen, pengusungan Ganjar sejauh ini hanya mendapatkan dukungan dari PDI-P dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).*