Banyak Manfaatnya, Ini Sejarah Hari Pramuka 14 Agustus

Ilustrasi pramuka
Ilustrasi pramuka | ist

FORUM KEADILAN – Lahirnya pramuka di Indonesia usai masa kemerdekaan bermula pada 9 Maret 1961. Presiden Soekarno mempertemukan tokoh-tokoh gerakan kepramukaan Indonesia untuk mempertemukan seluruh gerakan kepanduan yang ada dan dijadikan satu kesatuan organisasi.

Peristilahan pramuka dimulai dengan diperkenalkan oleh Sultan Hamengkubuwono IX. Kata ‘Pramuka’ berasal dari kata ‘Poromoko’ yang diartikan sebagai pasukan terdepan dalam perang. Meskipun kata ‘Pramuka’ dijadikan pernyataan menjadi ‘Praja Muda Karana’ yang artinya ‘jiwa yang gemar berkarya’.

Bacaan Lainnya

Peresmian Gerakan Pramuka Indonesia menandai adanya penyerahan panji-panji pramuka oleh Presiden Soekarno kepada tokoh-tokoh pramuka. Hingga kini sejarah lahirnya pramuka di Indonesia dikenal dengan nama Hari Lahir Pramuka atau Hari Pramuka Nasional dan diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Dengan kegiatan pramuka diharapkan banyak menumbuhkan nilai moral dan pembentukan karakter. Pemerintah juga sudah mewajibkan untuk para siswa mengikuti ekstrakurikuler pramuka.

Manfaat Kegiatan Pramuka

1. Percaya Diri

Dengan mengikuti kegiatan pramuka, semua akan didorong dalam meyakinkan diri pada kemampuan yang kita miliki atau kemampuan untuk mengembangkan hal positif pada diri sendiri dan lingkungan sekitar.

2. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab dan Disiplin

Kegiatan pramuka bukan hanya menyenangkan, namun juga bagaimana kesanggupan untuk menanggung tugas yang diamanatkan.

Sikap bertanggung jawab sangat diperlukan agar dapat menjadi pribadi yang dipercaya oleh orang lain, selain itu dapat melatih diri untuk lebih disiplin.

3. Keterampilan Hidup

Kegiatan pramuka bukan hanya sekadar belajar semaphore, melainkan juga belajar memberikan persiapan dasar yang dilakukan secara sesungguhnya kepada anggota tentang nilai-nilai kehidupan yang dibutuhkan bagi perkembangan kehidupan.

4. Belajar Kepemimpinan

Kepemimpinan salah satu kunci keberhasilan. Kepemimpinan diri seseorang pemimpin yang baik ialah mengatur berbagai macam tugas serta berkontribusi dalam melakukan perubahan positif pada masyarakat.

5. Sehat Mental dan Fisik

Kegiatan pramuka yang menuntut bergerak aktif, juga akan melatih untuk berpikir kritis.

Kegiatan ini turut melatih kemampuan dalam mengobservasi dan berbagai hal lain yang dapat menjadi persiapan kehidupan.*

Laporan Sukma Cempaka