PSI Tutup Pintu Dukungan untuk Anies Baswedan, Grace Natalie Ungkap Alasannya

Grace Natalie. I Ist
Grace Natalie | Ist

FORUM KEADILAN – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan tutup pintu untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengungkapkan alasannya. Yakni Anies dinilai tak pernah berbicara soal kelanjutan pembangunan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

“Enggak, kita pilih yang terbaik hari ini. Pak Anies tidak pernah bicara apapun terkait program Pak Jokowi, malah cenderung menghindari,” kata Grace di kantor DPP Projo pada Kamis, 10/11/2023.

Lebih lanjut Grace berpendapat bahwa Anies memiliki komitmen untuk melanjutkan pembangunan era Jokowi. Inilah yang tidak sesuai dengan PSI.

“Tidak sesuai dengan kompas kita. Jadi, kompas kita nyari arahnya nih mana yang kalau dia tidak sesuai dengan arah kompas kita, ya berarti enggak satu jalan, enggak satu tujuan,” ucap dia.

Mengenai sosok capres yang akan diusung, PSI akan menggelar Kopdarnas pada 22 Agustus mendatang.

Sebelumnya, PSI sempat mengumumkan dukungan ke Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ganjar dipilih lewat hasil hasil rembuk rakyat atau penjaringan nama capres yang dilakukan PSI.

Deklarasi dukungan itu dilakukan pada Oktober 2022 atau jauh sebelum Ganjar resmi diumumkan oleh PDIP. Namun, PSI hingga kini belum diterima langsung oleh PDIP sebagai partai pengusung.

Pada Mei lalu, Ketua Umum PSI Giring Ganesha pun mengatakan PSI belum secara resmi mendukung Ganjar.

Sementara itu, baru-baru ini PSI menerima kedatangan bakal capres Partai Gerindra Prabowo Subianto di kantor DPP PSI, Jakarta.

Usai pertemuan, Prabowo mengaku memiliki banyak kesamaan dengan PSI. Salah satunya, kesamaan pandangan soal keberlanjutan program Jokowi. Meski demikian, PSI mengatakan mereka masih menunggu arahan Jokowi.*