Banjir dan Longsor Akibat Hujan Muson di India, 29 Orang Tewas

India diterjang banjir dan longsor | ist
India diterjang banjir dan longsor | ist

FORUM KEADILANBanjir dan tanah longsor menerjang kawasan utara India akibat hujan muson pada Minggu, 9/7/2023. Sebanyak 29 orang dilaporkan tewas dalam kejadian ini.

Di negara bagian Himachal Pradesh, banjir bandang dan tanah longsor itu menghanyutkan sejumlah kendaraan, menghancurkan bangunan dan meruntuhkan jembatan. Daerah ini dilaporkan yang terkena dampak paling parah.

Bacaan Lainnya

“Dalam dua hari terakhir, jumlah korban tewas akibat hujan muson telah meningkat menjadi 20 orang di Himachal Pradesh,” kata pejabat senior manajemen bencana di Himachal Pradesh Omkar Sharma, dilansir dari AFP, Selasa, 11/7.

Sementara itu, sembilan kematian lagi dilaporkan di Rajasthan, Uttar Pradesh, dan wilayah Himalaya di Uttarakhand dan Kashmir, sehingga korban tewas menjadi 29 orang.

Departemen meteorologi India memperkirakan akan lebih banyak hujan di sebagian besar wilayah utara negara itu dalam beberapa hari ke depan.

Melihat prediksi itu, pihak berwenang memerintahkan penutupan sekolah-sekolah di New Delhi pada Senin, 10/7.

Dilaporkan AFP, India memang diterpa hujan lebat di minggu pertama Juli 2023. Berdasarkan data resmi pemerintah, curah hujan di pekan pertama Juli lebih tinggi dua persen dibanding biasanya.

Kawasan Asia Selatan dilaporkan diguyur 70-80 persen curah hujan dari rata-rata tahunan di setiap musim panas. Beberapa tahun belakangan, curah hujan kian lebat karena perubahan iklim.*