Menteri PUPR Siap Renovasi JIS untuk Piala Dunia U-17 Jika Dibutuhkan

Lahan Parkir di JIS Jadi Sorotan Publik, Jakpro: Kami Sudah Evaluasi
Jakarta International Stadium (JIS) | Forum/As'ad Syamsul Abidin

FORUM KEADILAN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut pihaknya siap merenovasi Jakarta International Stadium atau JIS.

Hal ini siap dilakukan jika memang diperlukan untuk perhelatan Piala Dunia U-17.

Bacaan Lainnya

Seperti yang diketahui Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan pada 10 November – 2 Desember 2023 mendatang.

Menurut Basuki, akses dan parkir menjadi masalah utama yang harus diperhatikan ketika merenovasi JIS.

Hal ini merujuk pada pengalaman konser Dewa 19 saat itu ketika para penonton mengeluhkan lantaran sulit untuk pulang dari JIS.

Namun, Basuki akan berkoordinasi lebih dulu dengan Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

“Saya akan berkoordinasi dengan beliau secepatnya. Kalau memang perlu direnovasi, renovasi,” ungkap Basuki pada Jumat, 30/6/2023.

Demi menyongsong Piala Dunia U-17, Basuki juga menuturkan bahwa puluhan stadion yang sedianya siap untuk Piala Dunia U-20, juga sudah disiapkan.

Total ada 26 stadion yang memang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 kala itu. 6 diantaranya terletak di Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Bali dan Palembang.

Pembangunan puluhan stadion tersebut juga diklaim sudah memenuhi standar FIFA.

“Kalau untuk U-20, itu sudah siap. Tapi stadion-stadion itu sudah dipakai. Bapak Ketum PSSI mengatakan bahwa FIFA akan datang lagi untuk melakukan pengecekan,” ungkap Basuki.*