Dilatih Bima Sakti Timnas U-17 Akan Berguru ke Eropa dan Afrika

PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas U-17 Indonesia di ajang Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di Indonesia | Ist

FORUM KEADILAN – Dilatih Bima Sakti, Timnas U-17 akan melakkukan ragkaian uji coba ke Eropa, Asia, dan Afrika.

Penunjukan Bima Sakti disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir di jakarta, Sabtu, 24/6/2023. Bima Sakti akan didampingi tim pelatih yang nama-namaya akan dibicarakan dalam rapat Exco PSSI.

Bacaan Lainnya

“Kita akan memberikan kepercayaan kepada coach Bima Sakti, nanti kita bersama exco akan ada pembicaraan,” kata Erick Thohir

Proses seleksi pemain akan dilakukan di bulan Juli dan Agustus. Selanjutnya Timnas U-17 menjalani pelatihan serta pertandingan uji coba di Eropa, Asia, hingga Afrika. . Tujuannya agar para Garuda muda tak kaget saat melawan tim-tim tangguh yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia diketahu berhak menjadi tim peserta Piala Dunia U 17 2023 karena ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah. Indonesia menjadi pengganti Peru yang sebelumya dicabut statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Piala Dunia U-17 diagendakan berlagsung pada tanggal 10 November – 2 Desember 2023. Sejauh ini telah ada 20 negara yang dinyatakan lolos mengikuti kompetisi sepakbola yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali tersebut. Adapun empat tiket tersisa masih akan diperebutkan oleh wakil Asia melalui kompetisi Piala Asia U-17 di Thailand.

 

Dukungan Jokowi

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 dikemukakan Erick Thohir tak lepas dari peran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memajukan sepak bola di Tanah Air.

Sejak awal Jokowi disebutnya terus memonitor transformasi sepakbola Indonesia, baik dari segi perbaikan infrastruktur hingga tata kelola kompetisi. Keberpihakan Jokowi tersebut menjadi pendorong PSSI untuk melakukan perubahan dalam ekosistem sepakbola nasional.

Dukungan nyata Jokowi diungkapkan Erick Thohir membuat Indonesia mampu memperbaiki sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA, Termasuk keberhasilan Indonesia dalam melangsungkan FIFA Matchday melawan Argentina.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 disebut Erick Thohir menjadi bukti FIFA mengapresiasi komitmen nyata pemerintah dan Presiden Jokowi dalam pembenahan tata kelola sepakbola.

PSSI tegas Erick Thohir memastikan akan membayar dan menjaga kepercayaan Presiden Jokowi dan FIFA dengan gelaran ajang Piala Dunia U-17 yang lancar dan berkesan.

“Pengumuman dilakukan FIFA tadi malam ialah sesuatu yang tidak hanya kita wajib rayakan, tapi justru harus kita perjuangkan. Perjuangan dalam arti ini merupakan kesempatan untuk Indonesia, rumah dan panggung kita untuk Garuda Muda bisa mendunia,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu Erick Thohir mengingatkan tantangan besar dialami Indnesia seiring penunjukan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Bersamaan dengan event tersebut, masa kampanye yang menjadi bagian dari Pemilu 2024 telah dimulai. Ia mengingatkan semua pihak tak mencampuradukkan olahraga dengan politik agar Piala Dunia U-17 berjalan lancar, *