Bungkam Kroasia di Final, Spanyol Kampiun UEFA Nations League 2022/2023

Spanyol keluar sebagai juara UEFA Nations League 2022/ 2023 setelah di final mengalahkan Kroasia 5-4 lewat babak adu penalti. | (Photo by Nesimages/Michael Bulder/DeFodi Images via Getty Images)

FORUM KEADILAN – Spanyol akhirnya sukses menjadi kampiun UEFA Nations League 2022/2023 setelah mengalahkan Kroasia lewat drama adu penalti di partai puncak.

Final UEFA Nations League 2022-2023 digelar di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Senin (19/6/2023) dini hari WIB.

Bacaan Lainnya

Setelah bermain imbang 0-0 selama 90 menit, laga diperpanjang 2 kali 15 menit masa extra time. Skor kacamata tetap tak berubah sehingga pertandingan harus diselesaikan via babak tos-tosan.

Tim Matador akhirnya muncul sebagai juara UEFA Nations League 2022-2023 usai menang 5-4 atas Kroasia dalam babak adu penalti.

Dikutip dari WhoScored, Spanyol tampil lebih mendominasi dengan memegang penguasaan bola 55 persen. Dari segi peluang, Spanyol mengancam sebanyak 22 kali dengan 2 diantaranya mengarah ke gawang.

Adapun Kroasia, walaupun terhitung lebih sedikit membuat ancaman, namun memiliki prosentase lebih baik dengan melepaskan 12 tembakan dengan 5 mengarah ke gawang.

Spanyol langsung tampil menekan sejak wasit meniup peluit tanda kick-off babak pertama. Hal itu membuat pasukan Luis de la Fuente berhasil menciptakan sejumlah peluang di awal laga.

Pada menit ke-12, Gavi berhasil mencuri bola di area pertahanan Kroasia. Mendapat ruang tembak di luar kotak penalti, sang wonderkid Barcelona ini langsung melepaskan tembakan. Sayang, laju bola masih sedikit melebar di sisi kanan gawang.

Krosia mendapatkan peluang matang pada menit ke-31. Ivan Perisic menyambar umpan silang Luka Modric di dalam kotak penalti dengan sundulan.

Namun, kiper Unai Simon masih sanggup menghalau si kulit bundar. Babak pertama pun ditutup dengan skor imbang 0-0.

Memasuki paruh kedua, Kroasia tampil lebih mengancam. Peluang didapatkan Kroasia pada menit ke-51 setelah umpan silang Perisic dimanfaatkan Josip Juranovic untuk melepaskan tembakan di dalam kotak penalti. Namun, bola hasil sepakannya kembali digagalkan Unai Simon.

Pada menit ke-84, Ansu Fati nyaris menjadi pahlawan kemenangan timnya. Mendapat sodoran umpan silang Mikel Merino di dalam kotak penalti, Ansu Fati menerimanya dengan sekali kontrol.

Pemain berusia 20 tahun itu lalu melesatkan tendangan keras, tetapi bola masih tepat mengarah ke Livakovic. Skor imbang 0-0 membuat laga mesti dilanjutkan ke babak extra time.

Pada babak pertama perpanjangan waktu, kedua tim terlihat bermain lebih hati-hati sehingga nyaris tak ada peluang yang tercipta selama 15 menit.

Skor juga tak berubah pada paruh kedua perpanjangan waktu sehingga laga harus ditentukan lewat babak adu penalti.

Pada babak tersebut, Simon menjadi pahlawan La Furia Roja dengan menggagalkan dua eksekusi Kroasia, yaitu sepakan dari Lovro Majer dan Bruno Petkovic.

Sementara Spanyol sukses menceploskan lima dari enam tendangan 12 pas, masing-masing via Joselu, Rodri, Mikel Merino, Marco Asensio, dan tendangan penentu dari Dani Carvajal.

Spanyol pun keluar sebagai juara UEFA Nations League 2022/2023 dengan skor akhir 5-4 via babak tos-tosan.