Cawapres Ideal Prabowo di Mata Netizen

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Wali Kota Surakarta Gibran. | Ist
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Wali Kota Surakarta Gibran. | Ist

FORUM KEADILANPrabowo Subianto telah mengantongi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya di pertarungan Pilpres 2024.

Hanya saja kantong Prabowo tampaknya masih rapat terkunci.

Bacaan Lainnya

“Nama cawapres memang sudah di kantong Pak Prabowo, tapi kantongnya masih dikancing,” ucap Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani sekali waktu.

Siapa sosok dimaksud memang masih menjadi tanda tanya, terlebih manuver-manuver Prabowo Subianto belakangan ini seolah mengesankan nama cawapres yang ada di kantongnya, belum lah final.

Dua nama yang paling santer dikaitkan akhir-akhir ini adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Bagaimana netizen meneropong kedua sosok tersebut, mungkin menjadi sesuatu yang menarik.

Terlebih netizen tak lain adalah bagian dari rakyat yang secara konstitusi diberi hak untuk memilih sesuai ketentuan perundangan.

Yang tak kalah penting, netizen akhir-akhir ini menjadi kekuatan baru yang sangat dipertimbangkan dalam berbagai keputusan atau kebijakan yang diambil oleh penyelenggara negara.

Lantas bagaimana netizen memotret siapa pasangan ideal Prabowo Subianto?

Sejumlah netizen menilai Susi cocok menjadi wakil dari Prabowo di Pilpres 2024.

Hal itu bisa terlihat dari polling yang dibuat akun Twitter @PartaiSocmed, dari 48.997 suara, 55,6 persen memilih Prabowo-Susi sebagai Capres-Cawapres 2024.

Dukungan Susi untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024 itu juga ramai usai Susi mengunggah momen pertemuannya dengan Prabowo pada 30 April 2023.

Susi dan Prabowo tampak menikmati hidangan di meja. Keduanya juga berbincang-bincang dalam momen tersebut.

“Silaturahim lebaran dengan Pak @prabowo sambil makan steak & salad bersama,” tulis Susi di media sosialnya.

Sebelumya Susi juga sempat mengunggah pertemuannya dengan Prabowo di Kantor Menteri Pertahanan. Dia menyebut Prabowo sebagai sosok yang rendah hati.

Kendati demikian, tak sedikit pula netizen yang mendukung Susi untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu terlihat dari polling lain yang dibuat akun @PartaiSocmed.

Dari 24.888 suara, sebanyak 44,5 persen memilih Susi bergabung bersama Anies. Sementara 42,9 persen bersama Prabowo, dan 12,6 persen bersama Ganjar Pranowo.Hal itu terlihat dari polling lain yang dibuat akun @PartaiSocmed.

Dari 24.888 suara, sebanyak 44,5 persen memilih Susi bergabung bersama Anies. Sementara 42,9 persen bersama Prabowo, dan 12,6 persen bersama Ganjar Pranowo.

Meski begitu, Susi pernah mengatakan kalau dirinya tidak berpikir untuk menjadi capres maupun cawapres.

Susi juga sempat mengomentari video lama Sandiaga Uno yang menyebut dirinya cocok mendampingi Prabowo. Ia menyebut bahwa video tersebut kompor dan provokator.

“Nemu aja video begini..asli kompor atau provocator,” tulis Susi kala itu.

Yang tak kalah seru dan bahkan menghebohkan adalah Isu Gibran Rakabuming menjadi cawapres mendampingi Prabowo kembali mencuat.

Hal ini di-trigger oleh pertemuan Gibran dan Prabowo di Solo pada Jumat, 19 Mei 2023 lalu.

Prabowo pun sempat bertanya dengan nada bercanda, apakah Gibran cocok menjadi cawapresnya.

“Mas Gibran, Mas Gibran (jadi cawapres) bagaimana ya? Cocok nggak?” tanya Prabowo kepada relawan Jokowi-Gibran di Solo.

Sontak, para relawan menjawab cocok.

Manuver ini kemudian memaksa PDIP memanggil Gibran untuk memberi klarifikasi.

Hasil klarifikasi tersebut menyebut bahwa PDIP menduga adanya pihak yang sengaja menggoreng pertemuan Gibran dengan Prabowo, sehingga menciptakan polemik di publik.

Dugaan ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto usai mendengar langsung klarifikasi Gibran di DPP PDIP, terkait isu relawan Jokowi mendukung Prabowo Subianto yang viral di publik.

“Penjelasan Mas Gibran sudah sangat komprehensif dan sudah disampaikan sebelum datang ke DPP ini. Kemarin Mas Gibran kan sudah membuat pernyataan-pernyataan, melakukan klarifikasi terhadap berbagai frame yang terjadi,” ungkap Hasto.

“Beliau juga meminta maaf melalui media dan kami sudah menerima seluruh penjelasan-penjelasan itu, sehingga mari kita kemudian turun ke bawah semuanya membangun prestasi yang terbaik di wilayah kerjanya masing-masing,” kata Hasto.

Sementara itu, Gibran menyatakan dirinya akan tegak lurus mentaati amanat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yakni memenangkan Ganjar Pranowo dan partainya pada Pemilu 2024.

“Sekali lagi terima kasih. Saya sebagai kader akan tegak lurus sesuai arahan ibu ketua umum,” kata Gibran di DPP PDIP.

Bagaimana menurut kalian?* (Tim FORUM KEADILAN)