Oknum TNI-Polri Terlibat Penganiayaan Hingga Viral, Ini Kata Pengamat

Ilustrasi penganiayaan
Ilustrasi penganiayaan

FORUM KEADILAN – Akhir-akhir ini banyak video viral yang menyeret oknum anggota TNI-Polri yang terlibat dalam penganiayaan.  Aksi arogan ini, bahkan tak jarang membuat masyarakat geram, hingga berdampak pada kehilangan rasa percaya terhadap TNI hingga Polri.

Dalam pandangan pengamat kepolisian, Edi Hasibuan mengatakan,masalah ini sudah berlangsung lama sajak dulu.

Bacaan Lainnya

“Sebetulnya bukan hari ini saja, sejak dulu sudah rame ada oknum TNI-Polri (viral) di media sosial,” katanya, saat dimintai konfirmasi Forum Keadilan, Minggu, 7/5/23.

Edi melihat media sosial menjadi jembatan bagi masyarakat untuk membagikan dan merespon kejadian.

“Masyarakat melihat, kini lebih mudah menggunakan medsos untuk mencapai tujuannya daripada mengikuti aturan yang ada. Ada peristiwa, di viralkan lewat medsos karena cepat mendapat respon bila harus ikuti sistem, akan lama sekali prosesnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan TNI dan Polri harus mengambil langkah tegas, dalam menangani dan memperingati setiap anggotanya dalam berperilaku.

“Untuk menghadapi ini kita minta Polri dan TNI kerjasama harus semakin baik dan profesional, Jangan menyimpang, jangan menyalahgunakan kewenangan dan jangan tampilkan hidup hedonisme,” tegasnya.

Selain itu, hal ini menjadi momen berbenah bagi kedua instansi keamanan Indonesia tersebut untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat kembali.

“Kita minta anggota Polri TNI berbenah. Garus berkinerja baik  agar mendapatkan  kepercayaan masyarakat, (Kajian khusus untuk membenahi perilaku anggota Polri TNI) Boleh saja dilakukan, Saya kira itu nanti tugas pengawas  internal masing- masing instansinya,” tandasnya.*

 

Laporan Novia Suhari