Jokowi Tolak Gibran Dipasangkan dengan Prabowo dalam Pilpres 2024

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Wali Kota Surakarta Gibran. | Ist
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Wali Kota Surakarta Gibran. | Ist

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak setuju untuk memasangkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan putranya Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Jokowi menilai Gibran belum bisa maju karena faktor umur dan masa kerja di Solo yang baru 2 tahun.

“Yang logis aja lah,” kata Jokowi santai, dalam keterangan pers di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis, 4 Mei 2023.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta atau Solo, Gibran Rakabuming Raka menanggapi cuitan netizen mengenai dirinya tengah dipinang menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

“Peta politik akan berubah jika @prabowo/@Gerindra berhasil meyakinkan @gibran_tweet untuk jd cawapres nya Prabowo, akan banyak mutasi suara dari @ganjarpranowo/@PDI_Perjuangan ke kubu Prabowo, siap-siap @PDI_Perjuangan @ganjarpranowo kehilangan suara bahkan kehilangan untuk menang,” tulis netizen tersebut.

Menanggapi hal itu, Gibran pun mengunggah sebuah meme bergambar kartun Patrick dengan tulisan ‘Kok Bisa Bang’.

Saat ini, Prabowo memang masih optimistis maju sebagai calon presiden untuk 2024. Akan tetapi, wacana memasangkan Prabowo dan Gibran sebenarnya tak begitu mencuat. Wacana yang lebih banyak berkembang yaitu memasangkan Prabowo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Meski demikian, Gibran dan Prabowo dalam waktu terakhir memang sudah saling kunjung. Gibran berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, pada Ahad, 18 Juni 2022.

Pada 24 Januari 2023, giliran Prabowo yang mendatangi Gibran di Loji Gandrung Solo. Dalam pertemuan itu, Prabowo mendukung Gibran maju dalam ajang pemilihan Gubernur 2024. Dukungan itu disampaikan setelah bertemu empat mata dengan Gibran.

“Beliau (Gibran) pas kok, kalau saya, saya lihat. Saya dukung, saya kira dari dulu saya dukung ya,” kata Prabowo. “Saya tadi katakan dua-duanya (DKI dan Jateng) cocok, dua-duanya beliau pasti berhasil,” ucapnya.*