Pelaku Penembakan Kantor MUI Pernah Rusak Kantor DPRD Lampung Tahun 2016

Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat. | Dok Polri
Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat. | Dok Polri

FORUM KEADILAN – Pelaku penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, Mustopa NR ternyata pernah berkasus juga di Lampung pada tahun 2016. Yang bersangkutan pernah melakukan perusakan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) Lampung.

“Kami telah melakukan database, mendapat informasi kalau benar ini (Mustopa) pelaku (penembakan kantor MUI pusat) memang dari catatan ada file kasus dari catatan kepolisian yang kami dapat. Kasus yang pernah dilakukan pelaku merusak di salah satu fasilitas objek vital di kantor DPRD Lampung tahun 2016,” ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Lampung Komisaris Besar Polisi Zahwani Pandra Arsyad kepada wartawan, Selasa, 2/5/2023.

Bacaan Lainnya

Pandra mengatakan, terkait kasus itu sendiri yang bersangkutan telah menjalani sidang dan dapat hukuman penjara oleh pengadilan. Tapi, tidak dirinci berapa lama putusan yang diterima.

Kini, kata dia, Polda Lampung pun berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait kasus terbaru yang dilakukan Mustopa.

“Sudah jalani hukuman berdasar putusan,” ujarnya.

Mengaku dari Lampung

Pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, mengaku mau menemui Ketua MUI, KH Miftachul Akhyar.

Hal itu ia katakan kepada resepsionis kantor MUI pusat. Si pelaku bukan baru sekali ini datang ke sana. Namun disebut sudah beberapa kali ke kantor MUI pusat.

“Beberapa kali mau bertemu dengan ketua MUI,” kata Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh kepada wartawan, Selasa, 2/5.

Si pelaku ini mengaku berasal dari daerah Lampung. Saat kejadian, kata Asrorun, tengah berlangsung rapat di lantai empat kantor MUI pusat. Asrorun menegaskan pihakmya tidak kenal dengan pelaku.

“Kalau di internal kita, ini orang tak dikenal,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat dikabarkan diserang oleh orang tak dikenal.

Aksi penyerangan ini viral di media sosial salah satunya diunggah akun Twitter @facialwashh.

“Terjadi penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia Jakarta oleh orang tak dikenal,” seperti dikutip VIVA dari akun Twitter @facialwashh, Selasa, 2 Mei 2023.

Dalam cuitan tersebut, nampak sebuah foto yang ditampilkan berupa pecahan kaca di Kantor MUI Jakarta. Tak hanya itu, ada juga sebuah pistol yang diduga digunakan dalam penyerangan tersebut.*