Wali Kota Bandung Kena OTT KPK, Segini Harta Kekayaannya

Wali Kota Bandung Yana Mulyana terkena operasi tangkap tangan KPK. | Ist
Wali Kota Bandung Yana Mulyana terkena operasi tangkap tangan KPK. | Ist

FORUM KEADILANKPK menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Bandung, Jabar, Jumat,  14/4/2023. Salah satu yang diamankan dalam OTT adalah Wali Kota Bandung Yana Mulyana (YM).

YM diamankan karena diduga terlibat praktik suap pengadaan barang dan jasa di Bandung. Kabarnya, KPK juga menangkap pihak lainnya dalam OTT tersebut.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Bandung Yana Mulyana diketahui memiliki kekayaan Rp8,5 miliar.

Melansir LHKPN, Sabtu, 15/4/2023, berikut kekayaan Yana Mulyana.

– Tanah dan Bangunan sebesar Rp5 miliar

  1. Tanah dan Bangunan Seluas 396 m2/250 m2 di Kab/Kota Bandung senilai Rp5 miliar

– Alat transportasi dan mesin senilai Rp840 juta

  1. Motor HARLEY DAVIDSON FATBOY Tahun 2013 senilai Rp350 juta
  2. Mobil MITSUBISHI PAJERO SPORT DAKAR Tahun 2019 senilai Rp490 juta

– Harta Bergerak lainnya senilai Rp40 juta

– Kas dan setara kas senilai Rp2.671.790.145

– Yana Mulyana tidak memiliki utang sehingga total kekayaannya adalah sebesar Rp8.551.790.145

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, pagi ini. Ia diperiksa setelah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 14 April 2023.

“Saat ini sudah dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaaan di Gedung Merah Putih Jakarta,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Sabtu,  15/4/2023).

KPK Amankan Uang Tunai Pecahan Rupiah Saat OTT

Sebelumnya, Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan uang tunai pecahan rupiah saat menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 14/4. Saat ini, tim masih menghitung total uang yang berhasil diamankan tersebut.

“KPK juga mengamankan bukti uang. Masih akan dikonfirmasi lebih dahulu kepada para pihak terperiksa. Uang dalam pecahan rupiah,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Sabtu 15/4.

Adapun, uang yang berhasil diamankan tersebut diduga berkaitan dengan suap proyek pengadaan kamera pengawas atau CCTV serta penyediaan jaringan internet dalam rangka program smart city Kota Bandung. Uang itu bakal dijadikan barang bukti oleh KPK.

Selain mengamankan sejumlah uang tunai, KPK juga berhasil menangkap sembilan orang dalam operasi senyap tersebut. Dari sembilan orang yang diamankan, beberapa di antaranya merupakan Wali Kota Bandung Yana Mulyana (YM) dan Pejabat Dinas Perhubungan (Dishub).

Tim KPK saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Kang Yana dan para pihak lainnya di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan. KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dal OTT tersebut.*