Kementerian PUPR Tambah 3 Rest Area untuk Mudik Lebaran 2023, Ini Lokasinya

Badan Pengatur Jalan Tol tambah 3 rest area tambahan untuk mudik Lebaran 2023
Badan Pengatur Jalan Tol tambah 3 rest area tambahan untuk mudik Lebaran 2023 | PT Jasamarga

FORUM KEADILAN – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR telah melakukan sejumlah persiapan jelang mudik Lebaran 2023.

Sekretaris BPJT Yongki Triono mengatakan pihaknya akan menambah tempat istirahat atau rest area fungsional di beberapa ruas tol.

Bacaan Lainnya

“Kami menyiapkan rest area fungsional baru di tiga titik,” ungkap Yongki pada Kamis, 13/4/2023.

Tiga lokasi rest area fungsional itu berada di Pemalang-Batang KM 338a, ruas Pemalang-Batang KM 319b dan ruas Jakarta-Cikampek KM 19b.

Selain itu, ada juga tambahan holding area yang disiapkan.

“Namun ada tambahan holding area di KM 61A dan B, ruas Cikampek-Palimanan,” tambahnya.

Yongki juga menyebut pihaknya akan memastikan pengoperasian 11 ruas jalan tol dan 127 tempat istirahat yang sudah disiapkan.

“Memastikan pengoperasian ruas jalan tol kami sepanjang 2.624 km, yang mana untuk mendukung jalan tol tersebut kita sudah menyiapkan 127 tempat istirahat,” ucapnya.

“Kami juga akan memfungsionalkan 11 ruas jalan tol yang mana tujuh berada di Pulau Jawa dan empat Sumatera sepanjang total 222 km. Fungsional dari jalan tol tersebut, karena sifatnya fungsional, kami hanya melaksanakan dari pagi hingga sore hari. Namun kami telah memastikan bahwa jalan tol tersebut dapat digunakan secara aman,” lanjutnya.

Fasilitas lainnya yang disediakan adalah lokasi pengisian baterai mobil listrik di 14 titik.

“Satu titik di Jakarta-Merak, 11 titik dari Jakarta ke Probolinggo dan dua titik di Jagorawi,” ungkapnya.

Selain itu Yongki mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan angkutan sungai dan penyeberangan (ASDP) untuk menyiapkan pembelian tiket kapal feri di beberapa rest area.

“Khusus Jakarta arah Merak di rest area 43 dan 68, kami bekerja sama dengan ASDP menyiapkan untuk pembelian tiket feri di pelabuhan Merak. Jadi masyarakat bisa membeli tiket kapal di kedua rest area tersebut,” sambung Yongki.*