Jelang Lebaran 2023, Stasiun Pasar Senen Mulai Ramai Pemudik

Stasiun Pasar Senen mulai ramai pemudik, Kamis, 13/4/2023 | Novia Suhari/forumkeadilan.com

FORUM KEADILANHari Raya Idulfitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 tinggal delapan hari lagi. Pemudik mulai ramai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Forum Keadilan, Kamis, 13/4/2023, pemudik mulai ramai berdatangan ke Stasiun Pasar Senen sejak tadi pagi. Meskipun ramai, kondisi Stasiun Pasar Senen belum sampai berdesak-desakan.

Bacaan Lainnya

Terlihat pula banyaknya porterĀ di Stasiun Pasar Senen yang menerima jasa angkat barang bawaan pemudik.

Para pemudik tampaknya memilih melakukan perjalanan mudik lebih awal guna menghindari ledakan penumpang, begitu pun Ramli.

Selain untuk menghindari ledakan penumpang, Ramli juga mengaku memilih mudik hari ini, Kamis, 13/4, agar bisa lebih lama kumpul bersama keluarga di kampung halaman.

“Menghindari desak-desakan saja sih, sama biar lebih lama kumpul bareng keluarga di kampung,” kata Ramli yang mengaku akan mudik ke Jawa Tengah.

Pada Kamis, 13/4 ini, jumlah calon penumpang yang mau berangkat dari Stasiun Senen Pasar dilaporkan mencapai 13 ribu orang. Jumlah tersebut meningkat dari hari sebelumnya, yakni 6.800 orang.

Berdasarkan kalender Islam Hijriah tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Hari Raya Idulfitri 1444 H ditetapkan pada 22-23 April 2023.

Kendati demikian, sidang isbat penetapan awal Syawal 1444 H sendiri baru digelar pada Kamis, 20/4.*

LaporanĀ Novia Suhari