Eks Ketua KPK Abraham Samad Bakal Laporkan Firli Bahuri atas Pelanggaran Etik

Abraham Samad protes soal kepemimpinan Firli Bahuri di depan Gedung KPK
Abraham Samad protes soal kepemimpinan Firli Bahuri di depan Gedung KPK | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Sejumlah mantan pegawai KPK melakukan aksi unjuk rasa memprotes kepemimpinan Firli Bahuri di depan Gedung Merah Putih KPK, Senin, 10/4/2023.

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad hingga Saut Situmorang ikut dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kita ingin menegaskan hari ini kita akan melaporkan Firli Bahuri kepada Dewas (Dewan Pengawas) KPK terhadap pelanggaran etik dan perilaku,” katanya saat berorasi di depan gedung KPK.

Selain melaporkan ke Dewas KPK, Abraham Samad juga melihat serangkaian pembocoran dokumen yang dilakukan Firli adalah tindakan yang tidak bisa ditolerir.

“Tindakan itu termasuk tindakan pidana. Oleh karena itu selain melaporkan ke Dewas KPK kita juga akan melaporkan ke pihak penegak hukum,” lanjutnya.

Sebelumnya, Firli dilaporkan sejumlah pihak ke Dewas KPK atas dugaan pelanggaran etik antara lain, mencopot Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro.

Kemudian, memaksakan menaikkan Formula E ke tahap penyidikan hingga diduga terlibat membocorkan dokumen penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).*

 

LaporanĀ Merinda Faradianti