10 Rangkaian KRL Disebut Bakal Dipensiunkan, Kemenhub Minta KCI Perbarui Teknologi

KRL. | Ist
KRL. | Ist

FORUM KEADILAN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membahas hasil review Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut salah satu yang akan dibahas adalah opsi upgrade teknologi baru atau retrofit pada KRL-KRL tua.

Bacaan Lainnya

Opsi ini akan dibicarakan lantaran mempertimbangkan keselamatan dan keamanan penumpang saat jumlah armada berkurang sedangkan penumpang terus bertambah.

Pasalnya, KCI disebut akan mempensiunkan 10 rangkaian KRL di tahun ini dan praktis akan mengurangi armada.

Sementara, proses retrofit membutuhkan waktu sekitar 16 bulan atau baru akan selesai 2024 mendatang.

“Nanti kita akan sampaikan seperti apa nanti hasilnya, karena memang rekomendasinya sudah seperti itu. Kita yang nanti akan jajaki optimalisasi yang ada,” ungkap Adita.

Pemerintah minta KCI percepat retrofit

Sementara itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) meminta KCI mengoptimalkan armada yang ada dengan melakukan upgrade teknologi atau retrofit.

Pasalnya, hasil review BPKP tidak merekomendasikan impor KRL bekas dari Jepang, yang mana hasil review ini menjadi acuan bagi pemerintah untuk keputusan pengadaan impor KRL.

Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi Kemenko Marves Septian Hario Seto mengatakan, upaya retrofit ini perlu segera dilakukan agar KCI tidak kekurangan armada.

“Kita juga meminta untuk bisa dilakukan retrofit ya atas sarana sarana yang saat ini ada atau akan pensiun. Kita minta kepada PT KCI pemesanan untuk retrofit ini juga bisa dilakukan lebih awal,” ujarnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis, 6/4/2023.

Meski begitu, kata dia, jangka waktu yang diperlukan untuk retrofit akan sama dengan jika KCI mengimpor 10 rangkaian KRL bekas dari Jepang saat ini.

“Kalaupun kereta (impor) yang 10 trainset ini datang, mungkin sebagian juga akan datangnya baru 2024. Jadi kalau ini lakukan retrofit bisa diplanning dari sekarang ya, itu harusnya juga bisa datang nanti 2024 karena waktunya 16 bulan,” tuturnya.*