Tipu-tipu Janjikan Masuk Akpol, Wanita di Lampung Bawa Kabur Rp250 juta

Tersangka penipuan dengan modus penerimaan Taruna Akpol yang ditangkap Polda Lampung. | ist
Tersangka penipuan dengan modus penerimaan Taruna Akpol yang ditangkap Polda Lampung. | ist

FORUM KEADILAN – Seorang wanita di Lampung melakukan penipuan dengan modus penerimaan calon Taruna Akpol. Tersangka bernama Yunie Suharwati, berhasil menipu korban senilai Rp250 juta.

Kepala Subdit I Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung AKBP Wahyudi mengatakan, peristiwa penipuan tersebut terjadi pada tahun 2021 lalu. Namun, korban baru melaporkan pada 2022, dan tersangka ditangkap pada 22 Maret 2023 lalu.

Bacaan Lainnya

Awalnya, tersangka menjanjikan bisa memasukkan anak korban bernama Ferry dalam penerimaan calon Akpol 2021 dengan nominal sebesar Rp700 juta.

“Korban melakukan transfer awal sebesar Rp250 Juta dan akan dibayar Rp700 juta sebanyak 5 kali,” kata Wahyudi saat konferensi pers di Mapolda Lampung, Jumat sore, 24/3/2023.

Alih-alih lolos Taruna Akpol, anak korban yang mengikuti tes seleksi calon Akpol malah gugur di tahap awal.

“Anaknya ini gugur di tes awal yakni tes psikologi,” jelas Wahyudi.

Atas dasar itu, lanjut Wahyudi, korban kemudian meminta uangnya kembali. Namun, tersangka tidak bisa mengembalikan uang korban, dan akhirnya melarikan diri. Dia kabur ke kampung halamannya di Yogyakarta.

“Korban akhirnya melaporkan peristiwa itu di tahun 2022, dan tersangka ditangkap di kediamannya, di Yogyakarta, pada 22 Maret 2023,” ungkap Wahyudi.

Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP, dengan ancaman 4 tahun kurungan penjara. *