KPK Terbang Langsung ke Makassar Periksa Aset Andhi Pramono

Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono
Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono. | ist

FORUM KEADILAN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terbang langsung ke Makassar untuk memeriksa aset Andhi Pramono, Kepala Bea Cukai Makassar. Hal itu dilakukan guna melakukan klarifikasi harta kekayaan Andhi yang disorot lantaran diduga memiliki rumah mewah di Legenda Wisata Cibubur dan bergaya hedon.

Juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, tim Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan (PP) Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sudah berangkat ke Makassar untuk memeriksa aset Andhi Pramono secara langsung.

Bacaan Lainnya

“Direktorat PP LHKPN sudah terbang ke Makassar untuk melihat secara langsung dan memeriksa asetnya,” kata Ali Fikri, saat konferensi pers di Gedung Putih KPK, Selasa, 21/3/2023.

Ali melanjutkan, sementara ini pihaknya belum menjadwalkan pemeriksaan orangtua Andhi Pramono dan putrinya, Atasya Yasmine. Kendati demikian, KPK memastikan akan memeriksa keduanya.

Menurut Ali, pemeriksaan itu untuk menelusuri terkait kemungkinan adanya aliran dana Andhi Pramono ke orang tua dan putrinya. Pasalnya, Andhi Pramono menyebut bahwa rumah mewah di Legenda Wisata Cibubur adalah milik orang tuanya. Sedangkan, putri Andhi juga disorot lantaran pamer gaya hedon di media sosial.

“Tunggu saja update-nya nanti akan kami berikan keterangan. Karena untuk pelaporan harta di LHKPN ada di sana kolom perolehan harta tahun berapa dan sumber dari mana. Nanti saat memberikan klarifikasi itu semua harus disertakan bukti misalnya sertifikat atau akte jual beli,” jelas Ali.

Orang tua Andhi Pramono turut terseret

Beberapa waktu lalu selepas menjalani pemeriksaan di KPK, Andhi Pramono menampik memiliki rumah mewah. Menurut Andhi, rumah mewah di Legenda Wisata Cibubur, Bogor, Jawa Barat itu milik orang tuanya.

Lantas, publik jadi penasaran dan bertanya-tanya ihwal pekerjaan orang tua Andhi Pramono, yang disebut sebagai pemilik rumah mewah tersebut.

Belakangan terungkap bahwa ayah Andhi Pramono merupakan seorang pensiunan guru. Hal itu dikatakan sendiri oleh Andhi dalam sebuah podcast di kanal YouTube 55 TV, yang diunggah sekitar satu tahun lalu.

Andhi menuturkan, bahwa dia berasal dari keluarga sederhana di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Andhi merupakan sulung dari dua bersaudara. Sang ayah seorang guru Sekolah Teknik Menengah (STM), dan ibunya seorang ibu rumah tangga yang tak lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Bapak saya ngajar di dua tempat. Pertama, bapak saya itu ngajar STM Kristen. Bapak saya seorang muslim, tapi mengajar di STM Kristen. Terus ngajar STM Muhammadiyah,” ungkap Andhi.

“Tapi sekarang sudah purna tugas. Terus dia buat sekolahan sendiri dengan kawan gengnya, dan dipimpin sama bapak saya dan teman-temannya sampai saat ini,” lanjut Andhi.

Andhi juga bilang bahwa orang tuanya hingga kini menetap di Salatiga, berikut adik Andhi.

Lantas, fakta ini semakin membuat publik menuntut KPK untuk segera mendalami harta Andhi dan orang tua Andhi. Pasalnya, pengakuan Andhi ihwal rumah mewah milik orang tuanya disebut tak masuk akal.

Gaya hidup Andhi Pramono dan keluarga

Selain ihwal rumah mewah di Cibubur, gaya hidup Andhi Pramono dan keluarga juga tak luput dari sorotan. Jika sebelumnya gaya busana anak Andhi Pramono yang jadi bulan-bulanan warganet, kini publik juga mulai menyorot outfit Andhi.

Dalam salah satu foto yang tampak berlatar di sebuah penginapan bernuansa alam, Andhi berpose berdiri santai dengan sang istri. Adapun yang membuat gagal fokus adalah jaket yang dikenakan Andhi. Jaket itu diduga keluaran merk terkenal Louis Vuitton, dengan harga diatas Rp100 juta.

Sebelum ini, jam tangan Rolex yang dipakai Andhi juga menjadi bahan pembicaraan publik. Jam tangan mewah itu kedapatan dikenakan Andhi saat menjadi narasumber sebuah podcast.

Sedangkan, sang putri, Atasya Yasmine, juga disorot lantaran outfit mahal yang dipamerkannya. Sebuah foto saat ia mengenakan pakaian dari merek luxury Balenciaga hingga jepitan rambut merek Versace yang harganya mencapai Rp25 juta, adalah salah satu yang banyak dibahas publik.

Atasya juga pernah kedapatan mengenakan jam Datejust 31 spesifikasi Oyster, 31 mm, Oystersteel, yellow gold and diamonds seharga Rp240 juta.

Berikutnya, melalui akun Instagram @atasyasmine__, mahasiswa UI itu juga diduga memamerkan kehidupan malamnya di sebuah club. Dia tampak luwes berjoget mengikuti irama musik. Busana hitam yang dikenakan tampak terbuka dan cukup seksi.

Tak hanya Atasya, sang ibu, Nurlina Burhanuddin di foto lainnya juga tampak mengenakan sweater dari brand kenamaan Balenciaga dan menenteng tas Dior.

Dalam keterangannya usai diperiksa KPK, Andhi menyebut bahwa putrinya itu seorang selebgram, sehingga mampu membeli barang-barang mewah sendiri. Namun, klaim Andhi justru dipertanyakan warganet yang mayoritas mengaku tak mengenal Atasya Yasmine, putri Andhi.

Kekayaan Andhi Pramono disorot

Andhi Pramono disorot publik lantaran diduga memiliki rumah mewah di kawasan Legenda Wisata Cibubur. Tak hanya itu, istri dan putri Andhi juga tak luput dari perhatian publik lantaran pamer gaya hidup mewah di media sosial.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diunduh dari situs elhkpn.kpk.go.id, laporan terakhir Andhi Pramono mengenai data hartanya yaitu untuk tahun 2021, dengan total Rp13,7 miliar.

Nilai harta Andhi juga terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.

Pada laporan LHKPN tahun 2018, saat Andhi masih menjabat Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil Dirjen Bea Cukai Jakarta, harga Andhi total sebesar Rp7,3 miliar.

Setahun kemudian, yakni 2019, masih di jabatan yang sama, harta Andhi naik menjadi Rp11,9 miliar. Asetnya paling banyak bertambah di tanah dan bangunan yang mencapai Rp6,5 miliar, dari tahun sebelumnya yang Rp1,4 miliar.

Lalu, pada 2020, harta Andhi naik lagi menjadi Rp13,6 miliar. Lalu, laporan tahun 2021, hartanya menjadi Rp13,7 miliar. Sedangkan, untuk LHKP tahun 2022, terpantau Andhi belum melaporkan hartanya.*

Laporan Merinda Faradianti