Gudang Sembako di Cipinang Terbakar Hebat

Petugas berupaya memadamkan api di Gudang sembako di kawasan Cipinang, Jakarta Timur (Jaktim). | Dok. IG @humasjakfire
Petugas berupaya memadamkan api di Gudang sembako di kawasan Cipinang, Jakarta Timur (Jaktim). | Dok. IG @humasjakfire

FORUM KEADILAN – Gudang sembako di kawasan Cipinang, Jakarta Timur (Jaktim), terbakar hebat. Petugas pemadam kebakaran (damkar) masih berupaya memadamkan api.

“Status menguning, (api) sudah dapat dilokalisir,” kata Kasiops Sudin Damkar Jaktim, Gatot Sulaeman, Selasa, 21/3/2023.

Bacaan Lainnya

Damkar menjelaskan, kebakaran itu terjadi di sebuah gudang milik Food Station Tjipinang Jaya yang berlokasi di Jalan Pisangan Lama Timur, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jaktim.

Lokasi gedung tersebut, titik kenalnya ialah Pasar Induk Cipinang. Gatot menjelaskan awalnya pihaknya menerima kabar kebakaran itu pukul 12.31 WIB.

Sebanyak 21 unit mobil beserta 105 personel damkar dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan si jago merah. Per pukul 13.34 WIB, api dapat dilokalisasi agar tidak terjadi perambatan ke bangunan ataupun objek lain di sekitar gudang tersebut.

Gatot mengatakan kebakaran itu disadari saat para pekerja melihat asap. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

“Menurut keterangan saksi mata, saat jam istirahat para pekerja melihat kepulan asap dari bagian gudang. Saat dicek dan pintu gudang dibuka, api sudah menyala cukup besar di dalam gudang,” ucapnya.

Setelah dua jam lebih proses pemadaman, kebakaran di gudang sembako tersebut belum padam. Petugas mendapatkan sejumlah kendala dalam upaya pemadaman kebakaran di gudang tersebut.

“Kendalanya, sumber air memang susah. Selain itu, yang terbakar bahan sembako, jadi agak lama untuk dipadamkan,” kata petugas Command Center Dinas Damkar DKI Jakarta, Irfan, saat dihubungi terpisah.

Luas area yang terbakar sekitar 1.500 meter persegi. Kebakaran gudang milik Food Station Tjipinang itu diperkirakan menimbulkan kerugian sekitar Rp 1,5 miliar.*