Disentil Jokowi Soal Pejabat Pamer Harta, Sri Mulyani Buka Suara

Menteri Keuangan Sri Mulyani. | ist
Menteri Keuangan Sri Mulyani. | ist

FORUM KEADILAN – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan tanggapannya usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk mendisiplinkan jajarannya yang kerap pamer kekayaan di media sosial.

Sri Mulyani mengaku akan memperbaiki sesuai arahan presiden.

Bacaan Lainnya

“Kita perbaiki sesuai arahan Bapak Presiden,” ujar Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis, 2/3/2023.

Sebelumnya, dalam Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi menyinggung Menkeu Sri Mulyani saat membuka rapat.

“Yang pertama, yang berkaitan dengan rencana kerja pemerintah tahun 2024 saya minta langsung ke Menteri Keuangan untuk menjelaskan secara detail mengenai ini,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyinggung soal reformasi birokrasi.

Jokowi juga menyebutkan soal reaksi publik atas insiden yang menyeret pegawai Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea Cukai yang keduanya di bawah naungan Kementerian Keuangan.

Menurut Jokowi, berdasarkan komentar-komentar di media sosial, masyarakat kecewa.

“Dari komentar-komentar yang saya baca, baik di lapangan maupun di kementerian, di media sosial karena peristiwa di pajak dan di bea cukai. Saya tahu betul, mengikuti kekecewaan masyarakat terhadap aparat kita, aparat pemerintah,” ujar Jokowi.

Tak hanya pegawai pajak dan bea cukai, Jokowi juga meminta hal yang sama kepada aparat hukum dan aparat birokrasi lainnya.

Oleh karenanya, Jokowi meminta kepada semua menteri dan kepala lembaga untuk mendisiplinkan jajarannya.

“Saya minta kepada seluruh menteri dan kepala lembaga untuk mendisiplinkan para (aparat) di bawahnya, memberitahu apa-apa yang tidak boleh dan apa yang boleh dilakukan,” kata Jokowi.*