Rumah Roboh di Bidara Cina Diterjang Banjir, Ini Penjelasan BPBD

Rumah Roboh Diterjang Banjir di Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara Jakarta Timur. | Tangkaan layar Instagram
Rumah Roboh Diterjang Banjir di Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara Jakarta Timur. | Tangkaan layar Instagram

FORUM KEADILAN – Sebuah rumah tingkat yang terletak di Jalan Puskesmas RW 06 Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, roboh akibat diterjang banjir aliran Sungai Ciliwung, Senin, 27/2/2023.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan, kejadian robohnya rumah di bantaran Sungai Ciliwung itu terjadi pada sekitar pukul 16.00 WIB sore.

Bacaan Lainnya

“Longsor diakibatkan arus sungai Ciliwung yang deras,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Mohammad Insaf dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 28/2. Informasinya, rumah bercorak coklat muda itu memang sudah ditinggal pemiliknya sejak 6 bulan lalu. Maka saat ambruk, rumah tersebut tanpa penghuni. Tetapi akibat ambruknya rumah tersebut, memberi dampak pada beberapa rumah yang ada di dekatnya.

“Bangunan tersebut kosong, sudah 6 bulan, dampaknya rumah kiri kanannya ada yang retak,” ujarnya.

Sebelum ambruk, rumah tersebut juga sempat mengalami kerusakan di bagian teras. Atas ambruknya teras rumah itu, pemilik rumah tidak menetap di rumah itu lagi.

Saat ini, BPBD DKI memastikan kejadian tersebut sudah dalam penanganan oleh pihak Pemkot Jakarta Timur, Wakil Camat Jatinegara, Lurah Bidara Cina, Satpol PP, Dishub Kecamatan Jatinegara, Ketua RW 006 BIdara CIna, LMK RW 006 Bidara Cina dan anggota FKDM.

“Tindak lanjutnya adalah pemilik untuk segera merelokasi rumahnya,” tuturnya.*