Hujan Sejak Minggu Malam, 11 Kecamatan di Bekasi Terendam

Banjir melanda 11 kecamatan di Bekasi akibat hujan lebat sejak Minggu, 26/2/2023. | Mohammad Arfan Fauzi/Forum Keadilan
Banjir melanda 11 kecamatan di Bekasi akibat hujan lebat sejak Minggu, 26/2/2023. | Mohammad Arfan Fauzi/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bekasi sejak Minggu, 26/2/2023 sampai Senin, 27/2 mengakibatkan 11 kecamatan di Kabupaten Bekasi terendam air.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi mencatat ada 73 titik banjir yang tersebar di 11 kecamatan dan 31 desa. Sedangkan jumlah warga yang terdampak sejumlah 36.148 jiwa.

Bacaan Lainnya

Kecamatan yang terdampak antara lain Karangbahagia, Babelan, Sukatani, Cikarang Utara, Sukakarya, Tambun Utara, Kedungwaringin, Tambelang, Tarumajaya, Sukawangi, dan, Cikarang Timur.

Sampai pagi ini, beberapa kecamatan lain juga berpotensi tergenang antara lain Kecamatan Cibitung, Tambun Selatan dan Cikarang Barat.

Banjir disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan meluapnya beberapa sungai di Bekasi. Ketinggian air berkisar antara 20-100 cm.

“Banjir terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi dan deras yang terjadi di Kabupaten Bekasi sejak pagi sampai malam kemarin,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis dalam keterangan tertulisnya.

Bantuan logistik dari BPBD bersama Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, diberikan kepada warga terdampak banjir yang bertahan di rumah masing-masing. Selain itu, sejumlah relawan juga disiagakan untuk membantu proses evakuasi warga yang membutuhkan.

“Kita sudah mendirikan beberapa posko dan dapur umum di Alun-alun Babelan, Sukatani, dan beberapa balai desa yang terdampak,” pungkasnya.*

 

Laporan Mohammad Arfan Fauzi