Hari Ini, Ketua KPU Disidang soal Pernyataan Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

FORUM KEADILAN – Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari akan disidang oleh Dewan Kehormatan Pengawas Pemilu (DKPP) terkait dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara Nomor 14-PKE-DKPP/II/2023.

Sidang akan digelar di Ruang Sidang DKPP di Jakarta pada Senin, 27/2/2023.

Bacaan Lainnya

Hasyim Asy’ari diadukan oleh Muhammad Fauzan Irvan yang didalihkan bersikap tidak mandiri karena mengeluarkan pernyataan yang bersifat partisan tentang kemungkinan kembali ke sistem proporsional daftar calon tertutup.

Menurut pengadu, pernyataan tersebut dinilai menciptakan kondisi yang tidak kondusif bagi pemilih.

Sekretaris DKPP Yudia Ramli mengatakan, agenda sidang ini adalah mendengarkan keterangan pengadu dan teradu.

Kemudian juga mendengarkan saksi-saksi atau pihak terkait yang dihadirkan. Nantinya sidang akan dipimpin oleh Ketua DKPP Haddy Lugito dan anggota majelis lainnya.

“DKPP telah memanggil semua pihak secara patut lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” katanya.

Sebelumnya, Hasyim Asy’ari mengungkap ada kemungkinan Pemilu 2024 kembali ke sistem proporsional tertutup. Hasyim mengungkapkan sistem itu sedang dibahas melalui sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pernyataan tersebut Hasyim sampaikan pada acara Catatan Akhir Tahun 2022 KPU RI. Dia menerangkan sistem proporsional terbuka dimulai sejak Pemilu 2009 berdasarkan putusan MK, sehingga dengan begitu, maka kemungkinan hanya keputusan MK yang dapat menutupnya kembali.*

Laporan Merinda Faradianti