Kebakaran di Tanah Abang, Warga Dievakuasi ke Gedung SD

Asap membumbung dari lokasi kebakaran di Tanah Abang Jakpus Minggu malam, 26/2/2023.| ist
Asap membumbung dari lokasi kebakaran di Tanah Abang Jakpus Minggu malam, 26/2/2023.| ist

FORUM KEADILANKebakaran terjadi di Jalan Tanah Abang 5 RT 05/RW 03 Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu petang, 26/2/2023.

Sebanyak 28 unit damkar dan petugasnya dikerahkan ke lokasi untuk menaklukkan si jago merah. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan, dan sedang proses pendinginan. Kondisi di lokasi kebakaran diguyur hujan.

Bacaan Lainnya

Sedangkan warga terdampak kebakaran beserta barang-barangnya sementara diungsikan ke lokasi yang lebih aman, salah satunya ke Gedung SD 01 Cideng, Tanah Abang.

TMC Polda Metro Jaya dalam akun Twitter-nya mengunggah foto kebakaran dengan api berkobar tinggi melebihi jejeran bangunan rumah.

“18.48 WIB telah terjadi kebakaran di Jalan Tanah Abang 5 RT 03/RW 03 Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir Jakarta Pusat,” cuit TMC Polda Metro Jaya, dikutip Minggu malam.

Kendati api sudah berhasil ditaklukkan, namun asap tebal terlihat membumbung tinggi di lokasi kebakaran tersebut. Petugas Damkar menyebut, asap tebal itu dipicu kardus dan karet yang turut terbakar.

“Di sini rumahnya buat naruh kardus, karet, jadi dia ngebul,” kata M Taufik, Kasi Damkar DKI Jakarta Sektor Gambir.

Taufik bilang, kardus dan karet tersebut berada di salah satu gudang. Saat ini petugas damkar masih berupaya memadamkan api di gudang tersebut.

“Sudah padam, hanya pendinginan sama hujan. Jadi panas ngebul. Itu sebelah selatan,” kata dia.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, terdapat korban luka-luka lantaran panik saat terjadi kebakaran. Saat ini, pihaknya tengah berkoordinasi dengan camat setempat untuk membuat pengungsian.

Sejauh ini, belum diketahui persis sumber api yang menyebabkan kebakaran hebat tersebut.

“Masih proses lokalisir, masih proses pemadaman,” ujar petugas call center Sudin Damkar Jakarta Pusat, Hasanudin.*