Ketua KONI: Tantangan PSSI Akan Semakin Banyak dan Beragam

Ketua KONI Pusat Marciano Norman.
Ketua KONI Pusat Marciano Norman. | Ist

FORUM KEADILAN – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan tantangan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ke depannya akan sangat banyak dan beragam.

“Sepak bola Indonesia akan mencatat sejarah untuk pertama kalinya menggelar gelaran Piala Dunia FIFA U-20 2023,” kata Marciano saat tiba di hotel Shangri-la Jakarta untuk menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis, 16/2/2023.

Bacaan Lainnya

Mariano tiba sekitar pukul 8.40 pagi.

“Kami KONI, PSSI, Menpora, dan semua instansi yang berdedikasi untuk sepak bola di Indonesia ini tentu mempersiapkan sebaik mungkin penyelenggaraan KLB ini. Tentu nanti kami harap berjalan dengan baik,” ujarnya.

Agenda sepakbola Indonesia, kata Mariano, juga akan padat di tahun ini. Selain piala dunia U-20 2023, PSSI juga akan menyiapkan tim nasional agar bisa lebih baik lagi untuk menghadapi Piala Asia 2023 di Qatar.

“Pak Jokowi kan sudah berdedikasi tinggi terhadap sepakbola kita, ya kita juga perlu mendukung dedikasi beliau, baik saya sebagai KONI, PSSI maupun rekan-rekan media ya. Kita harus bersinergi bersama membangun sepak bola Indonesia,” tambahnya.

Harapan KONI dalam KLB PSSI 2023, kata dia, siapa pun yang nanti pengurus yang akan menjadi Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Maupun Exco akan bekerja semaksimal mungkin dalam membangun sepakbola Indonesia ke depan.

Sebelumnya PSSI telah mengagendakan KLB pada 28/10/22 saat mengadakan pertemuan darurat pasca kejadian tragedi Kanjuruhan.

Ada tekanan besar dari publik untuk mempercepat KLB ini, PSSI juga menyurati FIFA dan AFC untuk usulan percepatan kongres.*

 

Laporan Mohammad Arfan Fauzi