BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Jakut Waspadai Banjir Rob

BPBD Jakarta imbau warga hati-hati dengan banjir rob di utara Jakarta
BPBD Jakarta imbau warga hati-hati dengan banjir rob di utara Jakarta

FORUM KEADILAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga pesisir utara untuk waspada terhadap banjir rob yang berlangsung pada 16-19 Februari 2023.

“Waspada banjir pesisir Provinsi DKI Jakarta. Durasi: 16 Februari-19 Februari 2023,” tulis BPBD DKI Jakarta dalam unggahan di akun Instagram pada Rabu, 15/2/2023.

Bacaan Lainnya

BPBD juga menyebut banjir rob ini lantaran adanya fenomena super new moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BPBD DKI Jakarta (@bpbddkijakarta)

Fenomena ini mengakibatkan peningkatan ketinggian air laut.

Pada 20 Februari 2023, BPBD juga mengimbau warga pesisir untuk waspada karena ada potensi peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

“Berdasarkan pantauan data water level dan predisi pasang surut, banjir pesisir (rob)) berpotensi terjadi di wilayah: Pesisir Utara DKI Jakarta,” lanjut BPBD.

“Pantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga,” tulis BPBD.*