Proteo, Anjing Heroik yang Tewas saat Mencari Korban Gempa Turki

Proteo Anjing Penyelamat Korban Gempa Turki
Proteo Anjing Penyelamat Korban Gempa Turki/Twitter

FORUM KEADILAN – Proteo, seekor anjing penyelamat Meksiko yang menjadi pahlawan dalam proses evakuasi korban gempa Turki dilaporkan tewas. Dia tewas dalam misi mencari korban selamat di tengah reruntuhan bangunan di Turki.

Kabar duka tersebut diungkap Palang Merah Meksiko melalui akun Twitternya.

Bacaan Lainnya

Mereka membagikan video para petugas penyelamatan berdiri diam dalam formasi persegi dan bertepuk tangan atas jasa Proteo.

“Hari ini kami mengucapkan selamat tinggal dengan hormat kepada seekor anjing pemberani, salah satu bagian dari @SEDENAmx. Terima kasih “PROTEO”,” tulis akun resmi Palang Merah Meksiko, dikutip, Rabu, 15/2/2023.

Proteo dilaporkan meninggal setelah membantu menemukan dua orang yang selamat dari gempa Turki. Dia disebut tertimpa reruntuhan saat mencari korban selamat.

Melansir Independent UK, Proteo adalah salah satu dari enam belas anjing penyelamat yang dikirim dari Meksiko ke Turki, Selasa, 7/2/2023, untuk membantu penyelamatan korban gempa.

Anjing-anjing ini sudah pernah bekerja mencari korban saat terjadi gempa bumi di Meksiko pada 2017. Para anjing tersebut dilatih untuk menemukan orang yang selamat di bawah reruntuhan.

Anjing-anjing ini mampu mengendus manusia dan memberi tahu jika ada korban tertimbun. Para anjing ini akan menggonggong dan menggaruk tanah yang baunya paling kuat sebagai tanda ada manusia di sana.

Gempa berkekuatan Magnitudo 7.8 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin, 6/2. Total korban meninggal dalam gempa tersebut dilaporkan mencapai 37.357 orang.

Selain itu, paling tidak ada 89.926 korban mengalami luka-luka.*