Vonis 13 Tahun Penjara, Ricky Rizal Bakal Ajukan Banding

Vonis 13 tahun Ricky Rizal, kuasa hukum tegaskan akan ajukan banding
Vonis 13 tahun Ricky Rizal, kuasa hukum tegaskan akan ajukan banding | Forum/As'ad Syamsul Abidin

FORUM KEADILAN – Mantan ajudan Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal Wibowo divonis hukuman pidana 13 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Ricky Rizal dinyatakan bersalah turut serta melakukan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Bacaan Lainnya

Keluarga Ricky Rizal menanggapi putusan majelis hakim tersebut.

Melalui kuasa hukumnya, Ricky menyatakan bahwa fakta-fakta di persidangan tidak berkesusaian.

“Disuruh menembak dia gak mau, tapi mem-backup seolah mengiyakan (pembunuhan berencana), tidak ada dia (Ricky) itu mengiyakan,” kata Kuasa Hukum Ricky, Erman Umar di PN Jaksel usai persidangan, Selasa, 14/2/2023.

Erman juga mempertanyakan maksud penjelasan majelis hakim yang mengatakan Ricky ikut membantu pembunuhan berencana bersama Ferdy Sambo dkk.

“Kejadian backup (membantu) itu apa? Apa yang disampaikan oleh hakim, Ricky merasa dirinya tidak melakukan itu semua,” ucap Erman.

Lebih lanjut, Erman menyebut selama perjalanan dari Magelang hingga Jakarta Ricky tidak pernah melakukan pengawasan terhadap Brigadir J.

“Sebenarnya Ricky akan menyampaikan sendiri namun karena dirinya merasa dihalangi, makanya Ricky menyampaikan pada kita,” papar Erman.

Menurut Erman pihaknya sangat menyayangkan bahwa fakta yang disebutkan oleh hakim dalam persidangan sangat dangkal dan Ricky mengungkapkan bahwa dirinya akan mengajukan banding.

“Atas dasar itu, jangankan 13 tahun, 1 tahun pun kami akan ajukan banding karena Ricky tidak terima, dirinya merasa tidak melakukan apa yang disebutkan hakim,” imbuh Erman.

Dalam kasus ini, Ricky Rizal menjadi terdakwa bersama Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf dan Richard Eliezer.

Ricky divonis lebih tinggi dari tuntutan yang diajukan tim jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya, Ricky dituntut 8 tahun penjara.*

 

Laporan As’ad Syamsul Abidin