Jelang Piala Asia U-20, Skuad Shin Tae Yong Masih Pincang

Sesi latihan Timnas U-20 menjelang Piala Asia U-20 di Uzbekistan. | ist

FORUM KEADILANPiala Asia U-20 sudah di depan mata. Turnamen ini akan diselenggarakan di Uzbekistan pada tanggal 1-18 Maret 2023.

Berbagai persiapan dilakukan anak asuh Shin Tae Yong guna menghadapi kompetisi sepakbola U-20 paling prestisius di benua kuning ini.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari laman pssi.org, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama Shin Tae Yong sudah mengagendakan berbagai persiapan seperti TC (training center) jangka panjang, sampai menggelar turnamen mini di Jakarta.

Akan tetapi, kedua persiapan tersebut memiliki beberapa kendala.
Dari keseluruhan pemain yang dipanggil, hanya 22 dari rencana 30 orang pemain yang sudah berada di Jakarta untuk menggelar TC di bawah komando pelatih Shin Tae Yong.

Beberapa pemain belum dilepas klubnya masing-masing dengan alasan masih harus berjuang di Liga 1, yang masih memasuki awal putaran kedua.

Diketahui, ada beberapa klub yang belum mengirimkan pemain-pemain mereka ikut TC di Jakarta, seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung, ditambah dua pemain yang hijrah ke Eropa yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll adalah yang paling vokal menentang kebijakan tersebut. Doll menilai PSSI dan STY tidak melakukan komunikasi yang baik perihal pemanggilan pemain Persija ke timnas U-20 di tengah kompetisi yang masih bergulir.

Terbaru, pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares juga mengkritisi kebijakan TC tersebut, kendati mereka bersedia mengirimkan pemainnya untuk membela Timnas U-20. Tavares menilai PSSI tidak melaporkan apapun mengenai perkembangan pemainnya saat TC berlangsung.

Permasalahan ini membuat terganggunya persiapan Garuda Nusantara bersama juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Apalagi, kebanyakan mereka yang belum bisa bergabung adalah skuad inti Timnas U-20 sebelumnya, saat kualifikasi Piala Asia U-20 2023 lalu.

Atas kejadian tersebut, PSSI melalui direktur tekniknya Indra Sjafri tidak tinggal diam. Mantan pelatih Timnas U-19 tersebut akan kembali menghubungi klub-klub dan pemain-pemain yang bersangkutan agar segera bergabung TC sebelum turnamen mini di Jakarta pada 17-23 Februari mendatang.

Menpora Zainuddin Amali juga turun gunung untuk membujuk klub dan pemain yang belum bergabung agar bersama-sama mendukung dan menyukseskan rencana Timnas U-20 sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20.*

Laporan M Arfan Fauzi