Twitter Blue Resmi Hadir di Indonesia, Inilah Sederet Fitur Unggulan yang Ditawarkan

Mengenal fitur Twitter Blue
Mengenal fitur Twitter Blue | Engadget

FORUM KEADILAN – Layanan berbayar Twitter Blue kini resmi diluncurkan di Indonesia.

Twitter Blue merupakan layanan premium yang membebankan biaya bulanan kepada penggunanya untuk memperoleh akun verifikasi centang biru hingga mendapatkkan beberapa fitur khusus.

Bacaan Lainnya

Sebelum resmi di Indonesia, Twitter Blue lebih dulu diluncurkan di Australia dan Kanada.

Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk berlangganan Twitter Blue.

Manfaat Fitur Twitter Blue

  • Mendapatkan centang biru

Ini menjadi fitur yang paling menonjol dan kontroversial. Pengguna fitur centang biru ini hanya menerima centang lantaran langganan mereka dan tidak melalui prises verifikasi seperti akun tokoh-tokoh besar.

  • Fitur lainnya

Berbagai fitur lainnya ditawarkan seperti folder Bookmark, Reader (untuk memudahkan membaca utas), Top Articles (memprioritaskan tweet dan artikel populer dari akun yang diikuti) dan opsi membatalkan tweet.

Selain itu, pengguna juga mendapatkan akses berupa tampilan baru. Yakni, menyediakan navigasi khusus, ikon aplikasi khusus dan tema warna aplikasi.

Pengguna juga bisa memiliki akses lebih awal ke fitur Twitter Blue Labs (sedang dikerjakan dan belum dirilis resmi). Fitur tersebut mencakup edit tweet, kemampuan menggunggah video dalam 1080p, kemampuan mengunggah video dengan durasi hingga 10 menit, dan kemampuan menambahkan profil NFT ke gambar profil.

Fitur Twitter Blue yang diusulkan setelah akuisisi Elon Musk

Elon Musk resmi mengakuisis Twitter akhir Oktober 2022. Ia pun terlihat akan merombak Twitter Blue dan menambahkan berbagai fitur ke dalamnya.

Berikut beberapa di antaranya:

  • Balasan, sebutan, dan pencarian prioritas.
  • Iklan lebih sedikit
  • Kemampuan untuk mengunggah video lebih panjang bahkan juga audio jika menurut cuitan dari Elon Musk.
  • Sebuah fitur yang disebut Musk sebagai “paywall bypass

Untuk berlangganan fitur Twitter Blue di Indonesia, pengguna dipatok harga Rp 165.000 per bulan untuk iOS dan Android. Sedangkan untuk situs Web dipatok harga Rp 120.000 per bulan dan Rp 1.250.000 per tahun.*