Masa Kontrak di KPK Habis, Jaksa Fitroh Kembali ke Kejagung

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana.
Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana. | Dok Kejagung

FORUM KEADILAN – Direktur Penuntutan KPK Fitroh Rohcahyanto kembali bertugas di  Kejaksaan Agung (Kejagung) setelah 11 tahun di lembaga antirasuah tersebut. Pihak Kejagung menegaskan kembalinya Fitroh karena masa kontraknya habis.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan kembalinya Fitroh sebagai hal lumrah karena masa kontrak kerja Fitroh telah selesai di KPK. Atas dasar itu jaksa senior KPK itu harus kembali ke Kejagung.

Bacaan Lainnya

“Mereka sudah habis masa kontraknya, harus balik ke kesatuan masing-masing. Itu hal yang biasa,” kata Ketut, Sabtu 4/2/2023.

Menurut Ketut, tidak ada polemik yang terjadi dari kembalinya Fitroh ke Kejagung. Dia menyebut kembali bertugasnya Fitroh ke Kejagung murni usai masa dinasnya di KPK sudah selesai.

Dia juga membantah narasi yang menyebut Fitroh Rohcahyanto mengundurkan diri dari KPK.

“Nggak ada itu. (Masa dinas jaksa di instansi lain) berbeda-beda setiap instansi tergantung kebutuhan, termasuk di BUMN,” katanya.

KPK Bantah Fitroh Mengundurkan Diri

Di pihak lain, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menyampaikan Direktur Penuntutan KPK Fitroh Rohcahyanto resmi kembali ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Ali membantah kabar Fitroh kembali karena mengundurkan diri.

Ali juga menepis soal kembalinya Fitroh ke Kejagung gegara penyelidikan Formula E. Fitroh ingin berkarier di instansi asalnya.

“Kami juga ingin meluruskan satu pertanyaan dari teman-teman terkait dengan narasinya begini, Direktur Penuntutan KPK katanya mengundurkan diri,” ucap Ali kepada wartawan di gedung KPK, Kamis, 2/2/2023.

“Yang perlu kami sampaikan, atas permintaan beliau sendiri beberapa waktu lalu mengembangkan karier di sana, di Kejaksaan Agung bersama 1 jaksa senior KPK juga dikorsub mendapatkan SK untuk kembali ke instansi asal, kejaksaan agung,” imbuhnya.

Menurut Ali, proses kembalinya Fitroh sudah dilakukan oleh seluruh pimpinan dan struktural di KPK. KPK pun berterima kasih kepada Fitroh yang sudah mengabdi selama belasan tahun.

“Artinya ada proses-proses yang dilakukan, termasuk juga hari ini diantar langsung ke Kejagung oleh Sekjen dalam rangka apresiasi atas 2 jaksa senior di KPK ini selama 11 tahun 4 bulan 21 hari mengabdi melalui KPK sehingga KPK berterima kasih pada Kejagung yang mengirim jaksa terbaiknya ke KPK,” terang Ali.

Posisi Fitroh sebagai Direktur Penuntutan KPK pun kini telah diisi oleh jaksa lainnya. KPK menunjuk jaksa Muhammad Asri Irwan sebagai pengganti posisi Fitroh.

“Plt-nya jaksa M. Asri Irwan,” kata Ali, Jumat, 3/2/2023.

M Asri Irwan bergabung dengan KPK sejak Maret 2014. Asri Irwan pun sempat menjabat sebagai Ketua Persatuan Jaksa Indonesia perwakilan dari KPK.

“Pak Asri juga sempat menjabat Ketua Persatuan Jaksa Indonesia perwakilan KPK di periode 2018 s/d 2020,” terang Ali.*