Tim TAA Diterjunkan Rekonstruksi Kecelakaan Tewaskan Mahasiswa UI

Rekonstruksi kecelakaan mahasiswa UI dan purnawirawan polisi. | Ist

FORUM KEADILAN – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerjunkan Tim Traffic Accident Analysis (TAA) dalam rekonstruksi kasus kecelakaan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan purnawirawan polisi. TAA diterjunkan untuk mengungkap lebih detail kecelakaan tersebut.

Pantauan di lokasi, alat TAA itu ditempatkan di dua sisi. Kemudian, merekam tempat kejadian perkara yang telah diberikan tanda oleh polisi dengan menggunakan cat semprot.

Bacaan Lainnya

Saat TAA bekerja, tidak  boleh orang berada di tempat kejadian perkara (TKP). “Ada Traffic Accident Analysisnya kita turunkan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kamis, 2/2/2023.

Firman menjelaskan, TAA digunakan untuk memperjelas kronologi kecelakaan. Sehingga, simulasinya bisa tergambar jelas.

“Kita turunkan, kita pakai untuk memperkuat, memastikan simulasi sebenarnya apa sih yang terjadi. Masih sempat nggak sih seseorang itu melakukan tindakan pencegahan, itu nanti akan terlihat di sana,” kata Firman.

TAA merupakan sebuah proses rekonstruksi dalam peristiwa kecelakaan. Kepolisian menggunakan TAA untuk mendapatkan kronologi yang akurat dari sebuah peristiwa kecelakaan.

Dengan begitu, polisi dapat memperoleh informasi seputar teknis, kondisi pelaku maupun korban saat kecelakaan. Bahkan, kebenaran mengenai informasi yang terkumpul pasca terjadinya kecelakaan.

Dalam rekonstruksi ini hadir sejumlah pejabat di antaranya Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, Kabid Propam Kombes Pol Fransiskus Xaverius Bhirawa Braja Paksa, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dan sejumlah pejabat lain.

Mobil Mitshubishi Pajero Sport milik AKBP (purn) Eko Setia Budi Wahono yang menabrak Hasya pun dihadirkan. Mobil ini dipakai dalam rekonstruksi ulang dengan nomor polisi B 2447 RFS. Bamper sebelah kanan mobil Pajero itu terlihat masih penyok.

Bukan cuma mobil Pajero milik Eko, nampak pula ada sepeda motor milik Hasya yang digunakan saat kecelakaan.

Motor tersebut adalah Kawasaki Pulsar berwarna hitam. Nampak motor bernopol B 4560 KBH. Beberapa bagian motor tersebut nampak rusak.*