Diresmikan Jokowi, Bendungan Tamblang Tampung 5,1 Juta Kubik Air

Jokowi resmikan bendungan Tamblang
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat peresmian Bendungan Tamblang Bali. | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Bendungan Tamblang yang terletak di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis pagi, 2/12/2023.

“Dengan ini bendungan dan penataan mangrove tabura Ngurah Rai di Provinsi Bali saya nyatakan diresmikan,” kata Jokowi dalam sambutannya, seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis pagi.

Bacaan Lainnya

Jokowi mengatakan, Bendungan Tamblang dibangun sejak tahun 2018. Bendungan itu diberi nama Bendungan Danu Kerthi

“Anggaran yang dikeluarkan untuk membangun bendungan ini sebesar Rp 820 miliar. Uangnya banyak sekali,” ujar Jokowi, disambut tawa masyarakat yang hadir.

Bendungan tersebut, kata Jokowi, kapasitasnya besar, karena mampu menampung air hingga 5,1 juta kubik, dengan luas genangan 29,8 hektar.

“Bendungan ini akan mengairi sawah 588 hektar. Jadi bendungan ini digunakan untuk irigasi sawah, yang kedua mengurangi banjir,” jelas Jokowi.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan sejumlah pejabat lainnya.

Bendungan Tamblang memiliki ketinggian spillway 68 meter dan luas genangan 568 meter persegi. Ketika sudah beroperasi, Bendungan Tamblang bisa menghasilkan air baku hingga 510 meter kubik per detik dan pengairan irigasi seluas 588 hektar.*