3.290 Calon Petugas Haji Ikuti Seleksi Tahap II CAT dan Wawancara di Indramayu

haji
Ilustrasi haji. | Ist

FORUM KEADILAN – Kementerian Agama (Kemenag) mengadakan seleksi tahap II tingkat provinsi untuk calon petugas haji 1444 H/2023 hari ini, Selasa 31/1/2023. Seleksi tahap II diikuti peserta yang telah lolos pada tahap I di tingkat kabupaten/kota.

Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat mengatakan, dari 11.329 pendaftar, ada 3.290 yang lolos seleksi tahap II. Pada tahap ini para calon petugas haji akan melakukan Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara di Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Arsad memastikan seleksi petugas haji 1444 H/2023 M berjalan transparan. Hal ini ditunjukkan dari proses seleksi yang sejak awal diawasi oleh tim Inspektorat Jenderal.

“Proses seleksi kami pastikan berjalan transparan. Kalau ada petugas yang mencoba jalan pintas, akan di-delete. Dengan begitu diharapkan proses tersebut mampu menyaring petugas yang kompeten dan berdedikasi, “ tegasnya Arsad.

Seleksi petugas haji tahun ini, kata Arsad, dilaksanakan lebih awal dengan tujuan petugas yang terpilih bisa segera mendampingi calon jemaah haji 2023. Hal ini penting melihat jumlah jemaah dengan kategori lansia tahun ini cukup banyak yaitu 62.879 orang.

Arsad mengatakan pihaknya tahun ini sengaja menggunakan asrama haji sebagai lokasi tes. Tujuannya, sebagai promosi dan sosialisasi bahwa asrama haji sudah siap digunakan.

“Ini bagian dari promosi kita, bahwa setelah pandemi, asrama haji sudah bisa digunakan,” tandasnya.*

 

Laporan Shifa Audia