Kebakaran Agen Elpiji di Duren Sawit, Kerugian Capai Rp1 Miliar

Kebakaran agen Elpiji
Kebakaran agen elipiji di Duren Sawit. | ist

FORUM KEADILAN – Kebakaran besar terjadi di sebuah toko di Jalan H Naman, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat pagi, 27/1/2023. Akibat kebakaran, toko yang merupakan agen gas elpiji, hangus terbakar.

Banyaknya material yang mudah terbakar, membuat api di toko agen gas elpiji seluas 10 meter x 15 meter persegi (m2) itu cepat membesar. Akibat peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Bacaan Lainnya

“Nilai kerugian akibat kebakaran toko agen gas tu berdasarkan hasil pemeriksaan sementara,” kata Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Jumat, 27/1/2023.

Gatot bilang, sempat terjadi suara ledakan, saat toko agen gas elpiji dan briket batu bara itu terbakar. Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Jumat pagi sekitar pukul 07.24 WIB.

“Terjadi ledakan di bagian gudang yang disebabkan kebocoran gas ukuran 50 kilogram dan menyambar (terpantik) ketika karyawati ingin mematikan lampu,” kata Gatot.

Sebanyak 14 unit mobil pompa dengan jumlah personel 65 orang diterjunkan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur (Jaktim) untuk memadamkan api.

“Kita mulai pemadaman pukul 07.33 WIB, selesai pukul 08.52 WIB,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun salah satu karyawan mengalami luka ringan.

“Korban satu karyawan, luka ringan saja. Kondisinya sekarang masih syok, belum bisa kita tanya terkait kejadian tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam video warga yang diterima Forum Keadilan, kepulan asap dari api yang berkobar tampak membubung tinggi ke udara. Di sekitar lokasi yang dekat dengan SMPN 252 terlihat banyak pelajar SMP berseragam menyaksikan peristiwa  tersebut.

Dalam akun Instagram @humasjakfire disebutkan, petugas pemadam kebakaran dari Sektor Duren Sawit dikerahkan untuk melakukan pemadaman api pada tahap awal, pukul 07.32 WIB.

“Dikarenakan api semakin membesar, unit dan personel tambahan diluncurkan menuju TKP,” tulis akun humasjakfire.*