2 Nelayan Pesisir Barat Hilang Kontak, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap dua nelayan Pesisir Barat yang hilang kontak. | Basarnas Lampung

FORUM KEADILAN – Dua orang nelayan asal Pesisir Barat, Lampung, hilang kontak di Perairan Kuala Stabas, Pesisir Barat, pada Jumat, 27/1/2023. Tim SAR gabungan melakukan pencarian.

Hilangnya dua nelayan tersebut, berawal pada Kamis, 26/01/2023, sekira pukul 03.30 WIB, nelayan bernama Ujang Sasmita (40) alias Kek dan Holis (24) berangkat melaut mencari ikan melalui Dermaga Kuala Stabas Krui. Mereka menggunakan perahu katir, merk perahu Daya Sakti 02, dengan warna perahu kuning, bermesin 15 PK.

Bacaan Lainnya

Biasanya, kedua nelayan tersebut kembali pulang sekitar pukul 15.00 WIB, namun hingga pukul 22.00 WIB mereka belum kembali. Kemudian penanggung jawab kapal menginformasikan kejadian tersebut dan meminta dilakukan pencarian ke Polair dan di teruskan ke Basarnas Lampung.

Menindaklanjuti info tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Tanggamus menuju lokasi dan bergabung dengan unsur SAR gabungan untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

“Tim tiba di lokasi kejadian pada Jumat, 27/1/2023, pukul 03.00 WIB dan langsung berkoordinasi dengan tim SAR Gabungan yang sudah berada di lokasi kejadian. Hasil koordinasi dengan unsur SAR Gabungan, pencarian akan dimulai pukul 07.00 WIB,” kata Deden berdasarkan keterangan tertulis yang diterima FORUM, Jumat petang.

Tim SAR Gabungan membagi tim menjadi dua tim. Tim 1 menggunakan Jukung ( Double Stabilizer). Basarnas melaksanakan pencarian dari Labuhan Jukung ke lokasi kejadian sejauh 15 Nm (Nautical Mile). Tim 2 melaksanakan penyisiran dari Dermaga Kuala Stabas via darat sepanjang 4 kilometer.

Hingga pukul 17.00 WIB, Tim SAR Gabungan belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Tim menghentikan pencarian sementara dikarenakan cuaca tidak mendukung dan akan dilanjutkan kembali pada Sabtu, 28/1/2023, pukul 06.00 WIB.

“Pencarian hari ini masih belum membuahkan hasil, dan akan dilanjutkan kembali pada Sabtu pagi,” tutup Deden.

Unsur SAR gabungan yang turut melaksanakan pencarian terdiri dari personel Pos SAR Tanggamus, Polair Polda Lampung, Polair Polres Pesisir Barat, Koramil Pesisir Tengah, Polsek Biha, nelayan setempat dan pihak keluarga.*