Komunitas Ojek Online Tolak ERP, Siap Hijaukan Gedung DPRD

ojek online
Deklarasi Ojek Online. | Tangkapan layar

FORUM KEADILAN – Sebuah video beredar berisi deklarasi Komunitas Ojek Online yang akan mengadakan demo untuk menolak kebijakan jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP). Demo 251 ini akan dilaksanakan pada hari Rabu 25/1/23 di depan Gedung DPRD DKI, Gambir, Jakarta Pusat.

Dalam video tersebut terlihat beberapa komunitas yang terdiri dari Komunitas Lintas Gajah Mada, Ojol se-Jakarta Barat, Ojol se-Jakarta Pusat, Ojol se-Jakarta Utara, dan Ojol se-Indonesia. Mereka menolak keras adanya sistem ERP yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan pengendara bermotor juga akan dikenai tarif layanan sistem jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ERP).

Kendaraan bermotor/berbasis listrik yang melewati jalan berbayar akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000-Rp 19.000. Tentu ini menjadi protes tegas daripada pekerja Ojek Online yang akan melewati jalan tersebut setiap hari.

Penerapan sistem ERP bertujuan untuk memecah kemacetan di Jakarta. Saat ini kepemilikan kendaraan pribadi tak sejalan dengan kemampuan daerah menambah jalan.

Transkrip

Deklarasi Dukungan Untuk Aksi 251 atau 25 Januari 2023 “Hijaukan Gedung DPRD Gedung sirih”

Agenda :”Tolak ERP” yang di lakukan Pemerintah Provinsi DKI

Disampaikan oleh

  1. Lintas Gajah Mada
  2. Ojek Jabodetabek
  3. Ojol Jakarta Barat
  4. Ojol Jakarta Pusat
  5. Ojol Jakarta Utara
  6. Komunitas Ojek Online*