Polda Metro Jaya Siap Amankan Imlek 2023

Pernak-pernak Imlek
Pernak-pernik Imlek di Pasar Glodok, Jalan Pancoran Raya, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. | Ist

FORUM KEADILANPolda Metro Jaya menyiapkan 4.550 personel untuk menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas saat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang jatuh besok, Minggu, 22 Januari 2023.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wahyu Andiko mengatakan,  4.550 personel tersebut terdiri 1.403 personel dari Polda Metro Jaya dan 1.513 lainnya dari polres di wilayah kerja Polda Metro Jaya.

Bacaan Lainnya

Selain oleh personel Polri, tempat ibadah dan liburan Imlek 2023 juga dijaga oleh 343 personel TNI dan 1.291 petugas dari pemerintah daerah.

Menurut Trunoyudo, Polri fokus pada menjaga 255 vihara di wilayah tugas Polda Metro Jaya.

“Ini yang nantinya akan menjadi prioritas Polda Metro Jaya dan jajaran polres,” katanya.

Di sisi lain, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jakarta Kombes Pol Latif Usman mengatakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mempersiapkan personel di titik rawan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya selama libur Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili atau 2023 Masehi.

“Kita akan menyiapkan anggota untuk melakukan rekayasa lalu lintas di titik rawan kemacetan,” ujarnya.

Latif menerangkan, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan sesuai dengan kebutuhan di masing-masing wilayah.

Tidak hanya di titik rawan kemacetan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan tim patroli untuk mengurai kemacetan di jalan tol dan jalur arteri.

Menurut dia, potensi titik-titik kemacetan tersebut berada di Tol Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Merak serta jalur arteri.

“Kita gelar anggota di jalan tol dan jalur arteri serta digerakan patroli di Tol Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Merak,” ujar Latif.

Di samping itu, akses menuju objek-objek wisata di Jakarta juga menjadi perhatian petugas untuk menciptakan kelancaran arus lalu lintas. Personel Polantas juga telah disiagakan di sejumlah kawasan wisata di Jakarta dan sekitarnya.*