Nelayan di Bangka Belitung Hilang saat Memukat Ikan

Nelayan
Tim SAR mencari Suwandi dari dermaga TPI Kurau, Bangka Tengah, Senin, 16/1/2023. | Dok SAR Pangkalpinang

FORUM KEADILAN – Seorang nelayan bernama Suwandi (41) dilaporkan hilang tenggelam sewaktu memukat ikan di muara laut Kurau Barat, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu,  15/1/2023.

Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan telah dikerahkan ke lokasi kejadian, tetapi Suwandi belum ditemukan.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan, upaya pencarian dilanjutkan dari dermaga TPI Kurau. “Suwandi merupakan warga Desa Belilik, Bangka Tengah, dilaporkan hilang pada tim SAR oleh kepala desa,” ujar Oka dalam keterangannya, Senin, 16/1/2023.

Oka menuturkan, Suwandi pergi melaut pada Sabtu, 14/1/2023, sore bersama nelayan lainnya menggunakan perahu berbeda. Namun hingga pagi harinya, Suwandi belum pulang ke rumahnya. Pihak keluarga dan nelayan kemudian melakukan pencarian dan menemukan perahu yang digunakan Suwandi dalam kondisi kosong. Sedangkan Suwandi tidak diketahui keberadaannya. “Biasanya memukat malam, pagi harinya sudah pulang,” ujar Oka.

Pada 15 Januari 2023 pukul 06.30 WIB, warga menemukan perahu dalam keadaan kosong. Padahal Suwandi dan perahunya seharusnya sudah kembali pada pagi hari.

Diduga Suwandi tenggelam di sekitar lokasi ditemukan perahu.

Menerima informasi tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang pukul 11.07 WIB memberangkatkan 1 tim Rescue untuk melakukan Operasi SAR gabungan. Upaya pencarian tim SAR gabungan dengan prakiraan Last Known Position 2°19’27″S 106°14’41″T.

Penyisiran sejauh tiga mil dengan menggunakan satu unit rubber boat BPBD Bateng, satu unit rubber boat Basarnas, satu unit rubber boat Laskar sekaban dan beberapa kapal nelayan.*