Erupsi Gunung Kerinci Masih Terjadi

Erupsi Gunung Kerinci, Jambi. | Ist

FORUM KEADILANGunung Kerinci, Jambi dilaporkan masih erupsi atau letusan abu Kamis, 12/1/2023, pagi ini. Erupsi ini terus-menerus terjadi sejak pagi kemarin hingga pagi ini.

“Erupsi Kerinci yang berlangsung terus menerus adalah akibat release energi di permukaan dangkal pada sistem kawah yang relatif terbuka pada saat ini, sama halnya dengan Marapi. Pelepasan energi ini adalah konsekuensi dari supply magma baru yang berlangsung dalam beberapa bulan ke belakang,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Kerinci Irwan Safwan, Kamis, 12/1/2023.

Bacaan Lainnya

Erupsi gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara itu pagi ini terjadi pada pukul 06.20 WIB. Hingga saat ini Gunung Kerinci masih terus mengeluarkan abu vulkanik.

Irwan mengatakan, terjadi erupsi Gunung Kerinci, Jambi-Sumatera Barat, Kamis,  12/1/2023 pukul 06:20 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 600 meter di atas puncak.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2 mm dan durasi sementara ini 13 menit 20 detik,” ujar Irwan.

Pemprov Jambi juga telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di sekitar Gunung Kerinci untuk waspada terhadap aktivitas gunung api itu.

Pemprov Jambi juga sudah membahas soal jalur evakuasi sebagai bentuk tanggap bencana.

Saat ini Gunung Kerinci masih tetap berada pada status level II atau waspada. Masyarakat di sekitar dan pengunjung atau wisatawan juga tidak diperbolehkan mendaki dalam radius 3 KM dari kawah aktif.

Jalur penerbangan juga disarankan juga tidak melintas di sekitaran Gunung Kerinci karena sewaktu-waktu potensi letusan abu yang lebih tinggi dapat saja terjadi.*