Soal Jadwal Deklarasi Capres KIB, Airlangga: Itu Tahap Berikutnya

Airlangga Hartarto
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. | ist

FORUM KEADILANKoalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digawangi Golkar, PAN dan PPP belum juga menggelar deklarasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, deklarasi capres dan cawapres merupakan tahap berikutnya yang akan dilakukan.

“Ya itu tahap berikut,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu, 11/1/2023.

Bacaan Lainnya

Airlangga bilang, pihaknya masih melakukan komunikasi lanjutan dan melakukan pembicaraan dengan parpol-parpol lainnya. Terlebih, pada Minggu lalu, pihaknya sudah berkumpul dengan delapan parpol.

“Kan kemarin sudah kita sampaikan bahwa kita sedang berbicara dengan beberapa partai dan kemarin kan delapan partai sudah berkumpul, tentu akan ada pembicaraan-pembicaraan lanjutan secara rutin,” ungkap Menko Bidang Perekonomian itu.

Ihwal apakah ada kemungkinan KIB akan berkoalisi dengan PDIP, orang nomor satu di partai pohon Beringin itu mengatakan, kemungkinan selalu ada.

“Semua kemungkinan selalu ada,” kata Airlangga.

Sebelumnya, sebanyak delapan Partai Politik (Parpol) menyatakan sikap menolak Pemilihan Umum (Pemilu) dilaksanakan dengan sistem proporsional tertutup. Pertemuan berlangsung di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu, 8/1/2023.

Sejumlah elite partai yang menyatakan sikap ini adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum PPP H M Amir Uskara, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Lalu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua Nasdem Ahmad Ali, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Meskipun, dalam pertemuan ini hanya dihadiri tujuh partai politik, lantaran Partai Gerindra tidak mengirimkan perwakilannya.*