BMKG Jelaskan Penyebab Munculnya Pulau Baru Usai Gempa M 7,5 Maluku

Pulau yang muncul di Kepulauan Tanimbar usai Gempa M 7,5 Maluku. | Antara

FORUM KEADILAN – Kemunculan sebuah sebuah pulau baru di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku usai diguncang gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,5  menjadi perbincangan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan munculnya pulau baru ke permukaan akibat dari tekanan di dalam lapisan kulit bumi yang cukup kuat.

Bacaan Lainnya

“Secara fisis, tekanan di dalam lapisan kulit bumi terakumulasi ketika cairan dan gas bawah tanah tidak dapat keluar akibat terjebak dalam lapisan sedimen,” kata Daryono dalam keterangan yang diterima, Rabu, 11/1/2023.

Daryono mengatakan, saat material itu terperangkap, terjadilah pengendapan sedimen yang sangat cepat atau yang disebut overpressure yang membuat pulau muncul ke permukaan. Hal tersebut terjadi ketika ada tekanan oleh gaya tektonik.

“Material lunak ini terperangkap yang kemudian dapat menjadi overpressure jika ditekan oleh gaya tektonik atau karena adanya masukan guncangan gempa kuat sebagai ‘input motion‘,” ujarnya.

Tekanan itu, kata Daryono, membuat material menyebar ke luar saat tekanan di lapisan yang lebih dalam mengendur. Dari sini  ‘pulau baru’ terbentuk di permukaan ketika cairan dan gas dalam bumi menemukan jalan keluar.

“Gunung lumpur ‘pulau baru’ akhirnya terbentuk ketika cairan dan gas dalam bumi menemukan jalan keluar ke permukaan melalui rekahan batuan yang terbentuk akibat guncangan gempa kuat,” terangnya.

Daryono mengatakan, ‘pulau baru’ yang muncul itu disebut juga ‘mud volcano‘. Fenomena ini, menurutnya, sudah biasa terjadi pascagempa yang kuat.

“Sebenarnya peristiwa alam semacam ini merupakan fenomena alam biasa yang dikenal dengan istilah kemunculan gunung lumpur yang populer disebut sebagai mud volcano. Gunung lumpur (mud volcano) ini terkadang muncul di permukaan beberapa saat pasca terjadinya gempa kuat,” jelas Daryono.

Daryono mengatakan, ‘pulau baru’ tersebut perlahan akan hilang. Mud Volcano tersebut akan turun dengan sendirinya.

“(Seberapa lama kemunculan pulau baru itu) beda-beda, tergantung material penyusun,” tutur Daryono.

Daryono menyebut, fenomena kemunculan ‘pulau baru’ pascagempa semacam ini sebelumnya pernah terjadi.

Inilah 6 gempa yang mengakibatkan munculnya mud volcano:

  • Gempa Ormara, Makran, M 8,1 pada 28 November 1945
  • Gempa Niikappu, Jepang M 8,6 pada 4 Maret 1952.
  • Gempa Gobi Altay, Mongolia M 8,3 pada 4 Desember 1957
  • Gempa Kandewari, Pakistan M 7,7 pada 26 Januari 2001
  • Gempa Andaman M 9,2 pada 26 Desember 2004
  • Gempa Gwadar Pakistan M 7,7 pada 24 September 2013*