Gempa M 7,5 Rusak 92 Rumah Warga Tanimbar

Sebuah rumah rusak akibat gempa Maluku. | Dok BNPB

FORUM KEADILAN– Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 7,5 yang mengguncang Maluku, Selasa, 10/1/2023, dini hari, merusak 92 rumah warga di Kabupaten Tanimbar, Maluku.

“Sebanyak 92 rumah warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, mengalami kerusakan saat gempa magnitudo (M) 7,5 terjadi pada Selasa dini hari pukul 02.47 WIT. Delapan tempat tinggal di antaranya mengalami kerusakan berat,” kata Plt Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Selasa, 10/1/2023.

Bacaan Lainnya

Abdul Muhari merinci berdasarkan data per pukul 11.30 WIB. Rinciannya adalah rumah rusak ringan berjumlah 77 unit, rusak sedang 5, dan 2 lainnya masih dalam penilaian tingkat kerusakan. Di samping tempat tinggal, identifikasi kerusakan fasilitas umum terjadi pada kantor bupati, tribun lapangan Mandriak di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan.

Sebelumnya, BNPB telah menginformasikan dua fasilitas pendidikan mengalami kerusakan, yaitu SMA Negeri 1 dan SMP Kristen Saumlaki. Kerusakan tak hanya terjadi di Tanimbar, di Maluku Barat Daya juga ada 10 rumah warga yang rusak berat.

“Kerusakan tidak hanya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dari Kabupaten Maluku Barat Daya dilaporkan sebanyak 10 rumah warga rusak berat, sedangkan 19 lainnya rusak ringan. Selain itu, 2 fasilitas pendidikan mengalami rusak berat,” ujarnya.

Belum ada laporan terkait jumlah warga yang mengungsi. Namun, yang terdampak adalah 92 KK di Tanimbar dan 29 KK di Maluku Barat.

“Hingga kini belum ada laporan jumlah warga yang mengungsi pascagempa. Warga terdampak di Kepulauan Tanimbar sebanyak 92 KK, sedangkan Maluku Barat Daya 29 KK. BPBD setempat masih melakukan pendataan di lokasi terdampak,” kata dia.*