Kontrol Konten, Arab Saudi Penjarakan Admin Wikipedia 32 Tahun

Ilustrasi penjara | Ist

FORUM KEADILAN – Pengadilan Arab Saudi menjebloskan dua admin Wikipedia di negara kerajaan tersebut ke penjara. Salah satu admin bahkan dijatuhi vonis penjara selama 32 tahun.

Hal ini diungkap dua kelompok hak asasi manusia yakni Democracy for the Arab World Now (DAWN) dan SMEX yang berbasis di Beirut. Seperti diberitakan AFP, aktivis DAWN dan SMEX  mengatakan, Saudi diam-diam menyusup ke perusahaan induk Wikipedia, Wikimedia, dan memenjarakan dua admin level atas untuk mengontrol konten di situs web.

Bacaan Lainnya

Menurut mereka, bobolnya Wikimedia akibat pemerintah Saudi memaksa warga mereka bertindak sebagai agen.

Direktur penelitian DAWN untuk Teluk, Abdullah Alaoudh, menerangkan, admin bernama Osama Khalid dipenjara selama 32 tahun. Sementara admin lainnya bernama Ziyad Al Sofiani divonis selama delapan tahun penjara.

“Penangkapan Osama Khalid dan Ziyad Al Sofiani serta infiltrasi Wikipedia merupakan aspek yang mengerikan tentang bagaimana pemerintah Saudi ingin mengontrol narasi dan Wikipedia,” kata Abdullah Alaoudh.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah Saudi maupun Wikimedia mengenai kabar penangkapan dua admin Wikipedia.

Pernyataan DAWN dan SMEX muncul setelah Wikimedia bulan lalu mengumumkan larangan global terhadap 16 pengguna yang terlibat dalam penyuntingan konflik kepentingan atas proyek Wikipedia di wilayah MENA, Timur Tengah dan Afrika Utara.*