Hakim Agung Suharto Jadi Jubir MA Gantikan Andi Samsan Nganro

Hakim Agung Suharto. | Dok MA

FORUM KEADILANMahkamah Agung (MA) menunjuk hakim agung Suharto menjadi juru bicara MA. Suharto menggantikan Andi Samsan Nganro yang memasuki masa purnatugas.

“Pak Suharto yang akan menggantikan Pak Andi Samsan Nganro menjadi jubir,” kata Ketua MA Syarifuddin dalam Refleksi MA yang disiarkan di chanel YouTube MA, Selasa, 3/1/2023.

Bacaan Lainnya

Suharto merupakan hakim agung yang mulai memakai toga emas sejak 2021. Ia menjadi hakim agung setelah 4 kali ikut seleksi.

Sebelum menjadi hakim agung, Suharto merupakan Panitera Muda Pidana MA. Sebelumnya ia dikenal publik saat menjadi Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

Pendidikan S1 diraih Suharto dari Fakultas Hukum Universitas Jember.

Adapun Andi Samsan Nganro purnatugas karena sudah berusia 70 tahun di 2 Januari 2023.

“Alhamdulillah ke penghujung pengabdian dengan selamat (penuh harap semoga Allah SWT melindungi saya dalam melaksanakan tugas peradilan di lembaga Mahkamah Yudikatif Indonesia),” kata Andi Samsan Nganro.

Meski hakim agungnya sudah selesai, tetapi secara administrasi masih tercatat sebagai pimpinan MA hingga akhir Januari 2023. Andi Samsan Nganro baru resmi purnatugas sebagai hakim agung dan pejabat pada 1 Februari 2023.

“Saya sampai akhir Januari 2022. Jadi Februari tidak masuk kantor lagi. Masih ikut dalam acara Laporan Akhir Tahun (Laptah) pada 23 Januari 2023,” ucap Andi Samsan Nganro.*

banner 468x60